A-Z Penyakit Hewan Ternak

White Muscle Disease

White muscle disease merupakan penyakit otot degeneratif yang sering ditemukan pada domba dan kambing. Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan selenium atau kekurangan vitamin E. Kekurangan selenium bisa disebabkan area tanah pengembalaan ternak mempunyai kondisi kekurangan kandungan selenium. Kekurangan vitamin E pada ternak bisa disebabkan oleh kualitas hijauan yang kurang bagus. White muscle disease paling sering menyerang ternak yang mengalami proses pertumbuhan cepat.

Gejala

Tanda-tanda klinis yang terkait dengan kekurangan vitamin E dapat mempengaruhi otot rangka dan otot jantung. Ketika otot rangka bagian otot skeletal mengalami gangguan akan menyebabkan terjadinya lengkungan pada punggung ternak sehingga membuat ternak membungkuk dan memiliki gaya berjalan kaku. Ketika otot hati mengalami gangguan akan mempengaruhi ternak untuk sulit bernafas, demam, dan keluar busa serta noda darah dari hidung.

Selain itu, yang mungkin terlihat jelas terjadinya gangguan reproduksi pada ternak seperti tingkat konsepsi yang lebih rendah, reabsorpsi janin, distokia, retensi plasenta, terjadi penurunan produksi kolostrum, penurunan kualitas semen, dan penurunan respon imun tubuh ternak.

Penanganan dan Pencegahan

White muscle disease dapat diobati dengan memberikan injeksi vitamin E dan selenium sejak terserang penyakit ini. Pemberian injeksi vitamin E dan selenium dapat diberikan salah satunya atau keduanya. Ternak yang terserang penyakit biasanya akan menanggapi pengobatan dalam 24 jam, dan dosis kedua vitamin E (meskipun tidak memberikan selenium) dapat diberikan jika individu tidak responsif. Perawatan seharusnya tidak melebihi dua dosis dalam jangka pendek.

Penyakit ini bisa dicegah dengan pemberian pakan dengan nutrisi yang bagus dan suplementasi mineral. Suntikan dari selenium dan vitamin E juga bisa diberikan, tetapi prosedur pemberian harus mendapatkan saran dari dokter hewan.

 

----------------------------------------------

Disusun oleh: Kusdianawati & Syamsidar

Share

Referensi

Pezzanite, L., Neary, M., Hutchens, T., Scharko, P. Common Diseases and Health Problems in Sheep and Goats. UK (University of Kentucky), College of Agriculture. Animal Sciences, Purdue Extension. Purdue University Cooperative Extension Service, West Lafayette, IN 47907.