A-Z Penyakit Hewan Ternak

White Eye (Mata Memutih)

White Eye (Mata Memutih) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit white eye sangat mudah menyerang pada itik yang kekurangan vitamin A. Penyakit ini menyerang itik pada segala umur umumnya diumur kurang dari 2 bulan. Kondisi kandang itik yang lembab dan lantai kandang yang basah merupakan salah satu faktor itik mudah terserang penyakit ini.

Gejala

Gejala klinis White Eye (Mata Memutih) adalah caiaran bening keluar dari mata dan paruh, kotoran yang bening dalam beberapa jam berubah menjadi kekuning-kuningan, itik sulit bernafas, lemah dan akhirnya lumpuh. Bila sampai kejang-kejang, kematian tak bisa dihindari.

Penanganan dan Pencegahan

Pengobatan dengan pemberian antibiotika seperti Oxytetracycline (terramycin) atau Chlortetracycline (aureomycin) dengan dosis 10 gram per 100 kg pakan atau 10 gram dalam 40 gallon air minum. Pencegahannya dengan memberikan vitamin A pada itik. Alas litter dibolak-balik agar tidak lembab, basah dan menjadi sarang jamur. Litter yang kering maka akan mengurangi resiko bebek terkena penyakit mata putih.

Itik yang sudah terjangkit virus ini segera pisahkan dan letakkan dalam kandang yang terpisah agar tidak cepat menular ke bebek yang lain.

 

---------------------------------------------

Disusun oleh: Syamsidar & Kusdianawati

Share

Referensi

Saleh E. 2004. Pengelolaan Ternak Itik Di Pekarangan Rumah. Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. ©2004 Digitized by USU digital library.
http://library.usu.ac.id/download/fp/ternak-eniza5.pdf

 

Hamdan A. 2010. Kelayakan Usaha Peternakan Itik Petelur dengan Pemanfaatan Keong Mas Sebagai Sumber Pakan Alternatif. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor

 

https://hobiternak.com/11-macam-penyakit-yang-menyerang-bebek-dan-solusinya/

 

http://www.bertaniorganik.com/2016/12/22/lengkap-jenis-jenis-penyakit-pada-itik-penyebab-dan-cara-pengobatannya/