A-Z Penyakit Hewan Ternak

Sinusitis pada Itik

Sinusitis pada itik disebabkan oleh manajemen pemelihatan yang buruk, terjadinya kekurangan mineral pada kandungan pakan, dan tidak ada kolam bermain sehingga rendan terhadap infeksi sekunder. Penyakit ini umumnya menyerang itik dewasa.

Gejala

Gejala klinis sinusitis pada itik ditandai pembengkakan sinus, pada lubang hidung keluar cairan jernih, sekresi mata menjadi berbuih, sinus yang membengkak menimbulkan benjolan di bawah dan di depan mata.

Penanganan dan Pencegahan

Pengobatan menggunakan antibiotik streptomycin 0,5 gram yang dilarutkan ke dalam 20 cc aquadest kemudian di injeksikan pada itik dewasa, untuk itik muda dosis dapat dikurangi. Pengobatan seperti ini dilakukan sekali dalam 48 jam sampai sembuh. Pencegahan dilakukan dengan menerapkan sistem pemeliharaan itik dengan baik serta menjaga itik kekurangan mineral.

 

----------------------------

Disusun oleh: Syamsidar

Share

Referensi

Saleh E. 2004. Pengelolaan Ternak Itik Di Pekarangan Rumah. Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. ©2004 Digitized by USU digital library.
http://library.usu.ac.id/download/fp/ternak-eniza5.pdf

 

Yuwono D M. 2012. Budidaya Ternak Itik Petelur. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah 2012.

 

Hamdan A. 2010. Kelayakan Usaha Peternakan Itik Petelur dengan Pemanfaatan Keong Mas Sebagai Sumber Pakan Alternatif. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor