A-Z Penyakit Hewan Ternak

Rickets Duck (Kelumpuhan pada Itik)

Rickets Duck lumpuh bebek adalah penyakit tulang dan kelumpuhan pada itik yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin D, kekurangan Calsium mineral, dan kekurangan fosfor.

Gejala

Gejala yang terjadi akibat kekurangan vitamin D, mineral calsium dan fosfor adalah penyimpangan dan kelainan pada persendian kaki. Penyakit ini dapat mengakibatkan kelumpuhan pada itik.

Penanganan dan Pencegahan

Pencegahan terhadap penyakit rickets duck atau lumpuh bebek dapat dilakukan dengan memberikan pakan mengandung mineral fosfor, kalsium dan vitamin D yang cukup. Upayanya, penambahan 2% tepung tulang ke dalam ransum pakan bebek untuk mrncukupi mineral fosfor, kalsium dan vitamin D. Usahakan bebek mendapatkan sinar matahari langsung yang cukup.

 

----------------------------------------------

Disusun oleh: Syamsidar & Kusdianawati

Share

Referensi

Saleh E. 2004. Pengelolaan Ternak Itik Di Pekarangan Rumah. Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. ©2004 Digitized by USU digital library.
http://library.usu.ac.id/download/fp/ternak-eniza5.pdf

 

Hamdan A. 2010. Kelayakan Usaha Peternakan Itik Petelur dengan Pemanfaatan Keong Mas Sebagai Sumber Pakan Alternatif. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor