A-Z Penyakit Hewan Ternak

Queensland Fever (Q Fever)

Queensland fever merupakan penyakit infeksi bakteri yang dapat menyebabkan aborsi terutama pada kambing dan domba. Queensland fever disebabkan oleh bakteri Coxiella burnetii, yang terdapat dalam susu, urin, tinja, jaringan plasenta dan cairan ketuban, serta menyebar melalui udara. Penyakit queensland fever bersifat zoonosis sehingga bisa menyebar ke manusia, terutama peternak, dokter hewan, dan peneliti yang membantu dalam proses beranak pada ternak yang terserang penyakit.

Gejala

Ternak yang menderita penyakit queensland fever akan menunjukkan tanda-tanda klinis seperti anoreksia, aborsi, dan lesi. Penyakit ini biasanya didiagnosis oleh kehadiran bakteri dari plasenta yang terinfeksi dan ditutupi sekresi kelabu-coklat.

Penanganan dan Pencegahan

Penanganan penyakit queensland fever pada ternak dapat diobati dengan pemberian tetrasiklin oral, memisahkan ternak yang bunting dari kawanan, dan mengubur limbah organ reproduktif dari ternak yang terinfeksi penyakit. Bahkan jika agen infeksi spesifik dicurigai sebagai penyebab aborsi dalam kawanan, maka perlu dilakukan uji lab diagnostik dengan menggunakan sampel janin dan plasenta yang diaborsi.

Hal ini penting untuk mengetahui identifikasi letak lesi pada bagian plasenta. Selain itu, produk susu yang dihasilkan harus melalui pasteurisasi karena tindakan pasteurisasi efektif dalam membunuh bakteri dalam susu ternak.

Pencegahan agar tidak terjadi penyebaran agen infeksi melakukan tindakan memisahkan ternak yang terinfeksi penyakit dari kawanan. Pendekatan pencegahan lainnya yang dapat dilakukan, diantaranya:

  • Memperhatikan manajemen pemeliharaan spesifik yang dapat membantu mengurangi kejadian infeksi bakteri penyebab aborsi pada ternak atau kawanan ternak.
  • Melakukan pengawasan terhadap penambahan ternak baru pada kawanan.
  • Pemberian pakan dengan penambahan tetrasiklin dosis tinggi sebelum beranak efektif dalam mengurangi bakteri Chlamydia dan Campylobacter yang bisa menyebabkan aborsi.

 

------------------------------------------------

Disusun oleh: Kusdianawati & Syamsidar

Share

Referensi

Pezzanite, L., Neary, M., Hutchens, T., Scharko, P. Common Diseases and Health Problems in Sheep and Goats. UK (University of Kentucky), College of Agriculture. Animal Sciences, Purdue Extension. Purdue University Cooperative Extension Service, West Lafayette, IN 47907