A-Z Penyakit Hewan Ternak

Quail Bronchitis

Quail bronchitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang sangat menular. Penyebab penyakit ini adalah virus adenovirus (type 1). Spesies yang rentan terhadap Quail Brochitis adalah puyuh. Penyakit ini umumnya menyerang puyuh yang berumur kurang dari 4 minggu dengan morbiditas mendekati 100% dan mortalitas mencapai 50%.

Penularan penyakit quail brochitis disebabkan oleh kontak langsung hewan sakit dengan hewan sehat. Penularan juga dapat melalui feses, pakan, air minum dan udara, sirkulasi udara yang tidak baik atau kandang terlalu padat.

Gejala

Gejala klinis yang terlihat dari Quail bronchitis adalah puyuh kelihatan lesu, bulu kusam, gemetar, sulit bernafas, batuk dan bersi, mata dan hidung kadang-kadang mengeluarkan lendir serta kadangkala kepala dan leher agak terpuntir.

Penanganan dan Pencegahan

Pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian antibiotik seperti enrofloxasin. Permberian vitamin juga diperlukan. Pengendalian dan pencegahan dapat dilakukan dengan pemberian pakan yang bergizi dengan sanitasi yang memadai.

 

-----------------------------------------------

Disusun oleh: Syamsidar & Kusdianawati

Share

Referensi

J.B. McFerran & J.A. Smyth. 2000. Avian adenoviruses. Rev. sci. tech. Off. int. Epiz., 2000,19 (2), 589-60. https://www.oie.int/doc/ged/D9436.PDF
Sari M. 2009. Analisis Strategi Pemasaran Peternakan Puyuh Bintang Tiga Situ Ilir Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor Strategi

 

Pemasaran Telur Puyuh Pada Peternakan Puyuh Bintang Tiga (PPBT) di Situ Ilir Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

 

http://www.peksigunaraharja.com/artikel/penyakit-yang-sering-menyerang-puyuh