A-Z Penyakit Hewan Ternak

Pneumonia (Radang Paru-paru pada Kambing)

Pneumonia atau radang paru-paru merupakan infeksi pernapasan yang biasanya disebabkan oleh virus dan agen bakteri penginfeksi paru-paru sebagai akibat dari adanya stres. Stres ini dapat dikarenakan kondisi menyapih, perpindahan ternak menggunakan transportasi, perubahan cuaca, kualitas udara yang buruk (amonia tinggi karena berada dalam kurungan atau berdebu), atau beberapa kombinasi faktor.

Radang paru-paru merupakan penyakit serius yang menyerang ternak domba dan kambing. Penyakit ini dapat mempengaruhi produksi domba dan kambing.

Gejala

Tanda-tanda klinis ternak yang mengalami pneumonia yaitu demam dengan suhu lebih dari 104 ° F, kondisi tubuh ternak lembab, batuk dan dispnea (kesulitan bernapas). Selain itu, anoreksia, leleran pada hidung, dan depresi juga dapat diamati pada ternak yang menderita pneumonia.

Penanganan dan Pencegahan

Penanganan untuk ternak yang mengalami pneumonia yaitu dengan pengobatan. Pengobatan akan dilakukan setelah ternak didiagnosis pneumonia, kemudian pemberian antibiotik. Ada berbagai jenis pneumonia, oleh karena itu membutuhkan dokter hewan untuk mengidentifikasi jenis pneumonia dan menentukan pengobatan yang efektif untuk jenis pneumonia yang dialami oleh ternak.

Pencegahan untuk mengurangi kejadian pneumonia yaitu dengan menerapkan sanitasi yang optimal dan menjaga kualitas udara yang baik di kandang ternak. Memastikan bangunan atau kandang ternak memiliki ventilasi yang memadai dan dapat mengurangi debu yang masuk ke dalam kandang.

Selain itu, meminimalkan stres transportasi dan karantina ternak baru sebelum menggabungkan dengan ternak lama untuk mencegah penyebaran agen penyakit dari luar. Pemberian nutrisi yang baik dan suplemen mineral untuk meningkatkan kekebalan tubuh ternak. 

 

-----------------------------------------------

Disusun oleh: Kusdianawati & Syamsidar

Share

Referensi

Pezzanite, L., Neary, M., Hutchens, T., Scharko, P. Common Diseases and Health Problems in Sheep and Goats. UK (University of Kentucky), College of Agriculture. Animal Sciences, Purdue Extension. Purdue University Cooperative Extension Service, West Lafayette, IN 47907.

 

https://www.sa-boergoats.com/ASP/Maria-Browning/Bacterial-Pneumonia-in-Goats.asp