A-Z Penyakit Hewan Ternak

Navel ill (Penyakit Radang Pusar)

Penyakit radang pusar merupakan penyakit yang berkaitan dengan pemotongan pusar anak sapi setelah dilahirkan. Penyakit ini disebabkan oleh alat pemotong tali pusar yang tidak steril atau pemotong tali pusar tercemar oleh infeksi mikroba dari kandang yang kotor. Penyakit ini bisa menyebabkan kematian pada pedet. Mikroba yang menyebabkan penyakit radang pusar yaitu bakteri Streptococcus sp., Staphylococcus sp., Actinomyces necrophorus, dan Escherichia coli.

Gejala

Terna sapi yang diserang oleh penyakit radang pusar yaitu anak sapi yang berumur 3 – 7 hari. Gejala ternak yang mengalami penyakit ini yaitu terjadi pembengkakan pada sekitar pusar, suhu panas di bekas potongan tali pusar, kemerahan di sekeliling tali pusar, dan akan menimbulkan rasa sakit ketika tali pusar diraba.

Penanganan dan Pencegahan

Penanganan ternak yang mengalami radang pusar yaitu memberikan antibiotik dan sulfa. Selain itu, tali pusar seharusnya dikompres dengan larutan rivanol atau campuran larutan asam acidium dan barium.

Pencegahan yang bisa dilakukan yaitu melakukan sterilisasi pada alat potong tali pusar sebelum melakukan pemotongan tali pusar dan bekas luka hasil pemotongan diolesi dengan yodium tinctur sebagai pencegah infeksi.

 

-----------------------------------------------

Disusun oleh: Kusdianawati & Syamsidar

Share

Referensi

Murtidjo, B.A. 1990. Sapi Potong. Kanisius, Yogyakarta.

 

Sudono, A., Rosdiana, F.R., dan Setiawan, B.S. 2005. Cara Mengatasi Permasalahan Praktis, Beternak Sapi Perah secara Intensif. Agromedia Pustaka, Jakarta.