A-Z Penyakit Hewan Ternak

Myxosporidiasis (Penyakit Gembil)

Myxosporeasis atau myxobolusis merupakan penyakit parasit yang disebabkan oleh Myxosporea dari genera Myxobolus, Myxosoma, Thelohanellus, dan Henneguya. Myxobolus sp. dapat menyebabkan kerugian karena mengakibatkan kematian 60-90% dari populasi ikan yang terinfeksi. Prevalensi serangan bervariasi dari rendah sampai sedang dengan mortalitas berpola kronis.

Gejala

Gejala klinis yang nampak yaitu ikan berenang mendekati permukaan air yang kemungkinan disebabkan ikan mengalami kesulitan bernafas akibat adanya nodul berwarna putih pada filament insang. Terdapat benjolan putih seperti tumor berbentuk bulat-lonjong menyerupai butiran padi pada insang ikan.

Pada infeksi berat, tutup insang (operkulum) tidak dapat menutup sempurna, sirip ekor bengkok dan berwarna gelap. Bengkak-bengkak/gembil di bagian tubuh (kanan/kiri), struktur tulang yang tidak normal. Penyakit Menginfeksi jaringan ikat tapis insang, tulang kartilago, otot/daging, dan beberapa organ dalam ikan (terutama benih), ikan berenang tidak normal, berdiam di dasar dan akhirnya mati.

Penanganan dan Pencegahan

Penanganan dan pencegahan dapat dilakukan dengan memutus siklus hidup parasit seperti persiapan kolam (pengeringan dan desinfeksi kolam). Ikan yang terinfeksi segera diambil dan dimusnahkan.

Hindari penggunaan air dari kolam yang sedang terinfeksi parasit. Pengendapan yang dilengkapi dengan filtrasi fisik (batu, ijuk,kerikil dan pasir) juga dapat mengurangi infeksi penyakit ini.

 

----------------------------------------------

Disusun oleh: Syamsidar & Kusdianawati

Share

Referensi

Prihartini NC, Alfiyah. 2017. Myxosporeasis pada Ikan KOI (Cyprinus carpio) Myxosporeasis in Koi (Cyprinus carpio. Samakia: Jurnal Ilmu Perikanan, 8 (1) : 06-10

 

Buku Saku Penyakit Ikan. http://www.academia.edu/35140331/buku_saku_penyakit_ikan

 

Tamrin AM. 2017. Penyakit Gembil pada Ikan. http://balebetenajuku.blogspot.com/2017/05/penyakit-gembil-pada-ikan.html