A-Z Penyakit Hewan Ternak

Mikosis (Penyakit Jamur)

Mikosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur Aspergillus fumigatus, A. mucor, dan A. absidia yang menyerang pada reproduksi ternak. Hal ini terbukti dengan adanya jamur tersebut pada fetus yang diaborsikan (membran fetus atau isi perut fetus). Abortus akibat infeksi kapang terjadi pada pertengahan atau akhir umur kebuntingan. Infeksi pada ternak sapi terjadi karena ternak menelan atau menghirup spora dari pakan yang berjamur.

Gejala

Gejala ternak yang mengalami mikosis yaitu sapi yang sedang bunting akan mengalami abortus. Hal ini disebabkan karena induk sapi memakan atau menghirup spora dari pakan yang berjamur.

Penanganan dan Pencegahan

Penanganan ternak yang mengalami mikosis, yaitu memberikan pakan yang baik untuk menjaga kondisi tubuh ternak agar tahan terhadap serangan penyakit. Pencegahan yang bisa dilakukan, yaitu dengan menghindari pemberian pakan berjamur pada sapi. Cara penyimpanan pakan yang baik merupakan hal yang sangat penting dalam pencegahan penyakit ini.

 

----------------------------------------------

Disusun oleh: Kusdianawati & Syamsidar

Share

Referensi

Adjid, R.M.A., 2004.Strategi Alternatif Pengendalian Penyakit Reproduksi Menular untuk Meningkatkan Efisiensi Reproduksi Sapi Potong. Balai Penelitian Veteriner. (medpub.litbang.pertanian.go.id/index.php/wartazoa/article/download/804/813)

 

Yulianto, P., dan Saparinto, C. 2014. Beternak Sapi Limousin, Panduan Pembibitan, Pembesaran, dan Penggemukan. Penebar Swadaya, Jakarta.