A-Z Penyakit Hewan Ternak

Kudis

Kudis merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu Chorioptes bovis yang sering menyerang sapi. Kudis biasanya ditemukan pada bagian kaki dan pangkal ekor. Penyakit ini dapat menular ke sapi yang lainnya dengan cara kontak langsung. Selain itu, penularan juga bisa melalui peralatan kandang yang tidak bersih.

Gejala

Ternak yang menderita penyakit kudis akan tampak gejala seperti sapi terlihat sering menggosok-gosokkan tubuhnya ke dinding kandang akibat rasa gatal atau menggigit tubuhnya yang terserang kudis (pangkal ekor). Akibatnya, kulit ternak akan menjadi luka, keluar cairan dan kulit akan mengeras, serta bulu ternak akan mengelupas.

Biasanya lesi akan bermula dari daerah wajah dan leher kemudian menyebar ke bagian tubuh yang lain. Bagian yang terinfeksi mengalami kerontokan dan terbentuk keropeng. Kulit menjadi kasar, tebal dan berbentuk lipatan-lipatan yang keras. Rambut rontok dan ternak menderita karena iritasi dan gatal. Ternak akan mengalami penurunan nafsu makan karena rasa gatal yang diderita.

Penanganan dan Pencegahan

Penanganan penyakit kudis dapat dilakukan dengan pengobatan secara tradisional yaitu dengan mengoleskan belerang yang sudah dicampur minyak ke bagian tubuh ternak yang terserang kudis. Selain itu, belerang juga bisa dicampur dengan kunyit dan sedikit minyak kelapa, kemudian dipanaskan lalu digosok-gosokkan ke bagian luka.

Obat kimia yang dapat digunakan yaitu Benzoas Bensilikus 10%, salep Choumapos 1 – 2% atau salep belerang 5%. Pencegahan yang bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan sapi dan kandang.

 

----------------------------------------------

Disusun oleh: Kusdianawati & Syamsidar

Share

Referensi

Arifin, M., dan Purwananti, V.O. 2015. Kiat Jitu Menggemukkan Sapi secara Maksimal. PT. AgroMedia Pustaka, Jakarta.

 

Triakoso, N. 2011. Penyakit Zoonosis Pada Ternak. Research Gate, DOI: 10.13140/RG.2.1.5180.7123.
https://www.researchgate.net/publication/301226210

 

Yulianto, P., dan Saparinto, C. 2014. Beternak Sapi Limousin, Panduan Pembibitan, Pembesaran, dan Penggemukan. Penebar Swadaya, Jakarta.

 

Yulianto, P., dan Saparinto, C. 2010. Pembesaran Sapi Potong secara Intensif. Penebar Swadaya, Jakarta.