A-Z Penyakit Hewan Ternak

Koi Herpes Virus (KHV)

Koi Herpesvirus (KHV) merupakan salah satu penyakit ikan yang menyerang family Ciprinid yang da;at menyebabkan kematian secara massal. Penyakit ini yang juga dikenal sebagai Cyprinid herpesvirus-3 (CyHV- 3) atau carp nefritis interstitial and necrosis gill virus (CNGV).

KHV merupakan patogen ikan yang dominan menginfeksi ikan mas dan ikan koi (Cyprinus carpio dan C. carpio koi) dan telah menyebabkan penyakit dan kematian massal populasi spesies ini baik dalam budidaya maupun alam liar

Penyakit Koi Herpes Virus (KHV) lebih mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh kondisi lingkungan hidup yang tidak stabil dan kondisi daya tahan tubuh ikan yang menurun dan terutama dipengaruhi oleh suhu air. KHV dapat menyebar melalui kontak langsung dengan ikan yang terinfeksi, air dari ikan terinfeksi dan atau melalui air atau tanah tempat ikan terinfeksi dipelihara.

Gejala

Gejala klinis yang ditimbulakn KHV adalah perubahan sifat, tingkah laku dan penampilan yang abnormal sebagai akibat adanya infeksi. Setelah munculnya gejala klinis kemudian diikuti oleh kematain sangat cepat 18-48 jam. Gejala klinis KHV biasanya tidak spesifik. Kematian terjadi sangat pesat sejak populasi ikan terinfeksi.

Produksi lendir (mukus) berlebihan kemudian menurun drastis sehingga tubuh ikan terasa kasat insang berwarrna pucat dan terdapat bercak warna putih, selanjutnya menjadi rusak, geripis pada ujung tapis insang dan akhirnya membusuk. Pendarahan disekitar pangkal dan ujung sirip serta permukaan tubuh lainnya. Hati berwarna pucat dan selanjutnya menjadi rusak, ginjal interior dan postterior berwarna pucat.

Tanda-tanda eksternal lainnya yang mungkin terjadi adalah terjadinya perdarahan pada insang, cekung mata, dan terjadi bagian pucat atau lecet pada kulit.

Penanganan dan Pencegahan

Pencegahan dapat dilakukan dengan mengisolasi yang teridentifikasi KHV dari ikan lainnya.

 

-----------------------------------------------

Disusun oleh: Syamsidar & Kusdianawati

Share

Referensi

S Edi, O Surfianti, N Christy, R Wiis, Laminem E R Ekoputri, M Fathoni, A D Koswara, Nurhaidin, U Yanuhar. 2010. Identifikasi Ikan Koi Herpes Virus pada Ikan Koi (Cyprinus Carpio) dengan metode Polimerase Chain Reaction (PCR), Imunositokimia dan Imunohistokimia. Hemera Zoa. Majalah Ilmu Kehewanan Indonesia. Indonesian Journal of Veterinary Science dan Medicine. Vol 1 No 2.

 

Amri K, Khairuman. 2002. Menaggulangi Penyakit Ikan Mas dan KOI. Agromedia Pustaka Jakarta.

 

Pradana M S, Suwarno dan Hari Suprapto. 2015. Deteksi Koi Herpesvirus (KHV) Pada Ikan Nila (Oreochromis niloticus) yang Diinfeksi Secara Buatan. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan Vol. 7 No. 1, April 2015

 

Perdana R G. 2008. Studi Epidemiologi Koi Herpes Virus Yang Meyerang Ikan Mas (Cyprinus Carpio) di Pulau Jawa. Koleksi Perpustakaan Universitas Terbuka.