A-Z Penyakit Hewan Ternak

Infectious pancreatic necrosis

Infectious pancreatic necrosis adalah jenis virus Birnavirus yang memiliki tingkat bahaya yang tinggi dan sistemik pada ikan Salmonid muda. Virus ini juga menyerang rainbow trout (Oncorhynchus mykiss), brook trout (Salvelinus fontinalis), brown trout (Salmo trutta), atlantic salmon (Salmo salar), dan pacific salmon (Oncorhynchus spp).

Penularan virus IPN dapat terjadi secara vertikal, dengan virus berada dalam telur, atau horizontal, melalui air, urin, feces, sekresi sexual, serta ikan mati atau sakit yang dikonsumsi oleh ikan lain.

Gejala

Gejala klinis penyakit IPN adalah ikan berenang lemas di dasar perairan, gerakan berenang berputar-putar atau berbentuk spiral, kotoran berwarna putih, permukaan tubuh berubah warna menjadi hitam, exopthalmus pada mata, pembesaran pada abdomen.

Gejala lain yang tampak adalah pergerakan lambat, pigmen warna ikan menjadi gelap, perut membesar dan terdapat cairan visceral, perdarahan di daerah bawah perut/ventral termasuk di daerah sirip, hati dan limpa pucat dan membesar, serta tidak terdapat makanan dalam perut dan usus biasanya mengandung eksudat mucoid yang berwarna kekuningan atau keputihan.

Penanganan dan Pencegahan

Penanganan dan pencegahan penyakit IPN dengan menjaga kualitas air, sanitasi lingkungan dan peralatan.

 

--------------------------------------------

Disusun oleh: Kusdianawati & Syamsidar

Share

Referensi

Kurniawan A. 2012. Penyakit Aquatik. Penerbit UBB Press, Pangkalpinang

 

e-Fish Disease [Jenis Hama dan Penyakit Ikan Karantina). Infectious Pancreatic Necrosis (IPN). http://gis.bkipm.kkp.go.id/edis/?mod=virus&id=MjY=