A-Z Penyakit Hewan Ternak

Infectious Haematopoietic Necrosis (IHN)

Infectious Haematopoietic Necrosis (IHN) merupakan suatu penyakit yang bersifat akut dan sistemik. Penyakit ini disebabkan oleh virus dari kelompok nekrosis hematopoietik epidemi dalam genus Ranavirus dan keluarga Iridoviridae. Penyakit ini menyerang Rainbow trout (Salmo gairdneri), Chinook salmon (Oncorrhynchus tshawytscha), Sockeye salmon (O. nerka). Target sel penyakit IHN ini terutama organ penghasil darah yakni ginjal mukadan limpa.

Penyakit ini umumnya menginfeksi stadia larva sampai juvenile dan menyerang sistem organ syaraf mata dan otak yang ditandai dengan adanya vakuolasi dengan gejala yang cukup spesifik karena ikan menampakkan tingkah laku berenang yang tidak normal dan umumnya ikan berdiam didasar.

Gejala

Gejala klinis ikan yang terinfeksi IHN adalah kulit menghitam, hemoragi pada abdomen dan sekitar pupil mata, exopthalmus dan ascites, pendarahan pada pangkal sirip, gangguan pada keseimbangan osmotik dan muncul dengan gejala konteks klinis dari oedema dan haemorhage, selain itu ikan yang terinfeksi kebanyakan pada fase larva mengalami haemorhage pada kantung kuning telur. Gejala yang lain adalah saluran pencernaan membengkak namun bukan berisi makanan melainkan lendir.

Penanganan dan Pencegahan

Pengendalian dapat dilakukan dengan pemusnahan terhadap ikan yang terinfeksi, desinfeksi, karantina dan langkah-langkah lainnya. Pada daerah endemik, biosekuriti yang baik dan sanitasi diperlukan untuk mencegah penyebaran virus. Manajemen yang baik (kualitas air yang memadai) dapat mengurangi risiko penyakit.

IHN sangat tahan terhadap pengeringan dan desinfeksi. Pada permukaan kering, virus ini dapat dihancurkan dengan menggunakan 70% etanol selama dua jam tetapi tahan terhadap natrium hipoklorit. Pada suspensi cair, IHN dapat dihancurkan oleh natrium hipoklorit, pemanasan sampai 60°C (140°F) selama 15 menit, atau pH 4.0 atau 12,0.

 

--------------------------------------------

Disusun oleh: Syamsidar & Kusdianawati

Share

Referensi

Viral Disease pada Ikan Tawar dan Laut. https://www.slideshare.net/pungkypratamananda/viral-disease-pungky


Gunawan H. 2013. Penyebab Penyakit Ikan Golongan Virus. http://hendra-quacultur.blogspot.com/2013/09/hama-dan-penyakit-ikan.html


e-Fish Disease [Jenis Hama dan Penyakit Ikan Karantina). Infectious Pancreatic Necrosis (IPN). http://gis.bkipm.kkp.go.id/edis/?mod=virus&id=MjY=