A-Z Penyakit Hewan Ternak

Indigesti Sederhana

Indigesti sederhana merupakan penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada saluran pencernaan karena pakan yang diberikan kepada ternak memiliki kandungan serat terlalu tinggi. Penyakit ini sering terjadi pada ternak sapi yang sering dikandangkan. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya indigesti pada ternak yaitu perubahan pemberian pakan yang secara mendadak, pemberian pakan silase yang berlebihan, kualitas pakan yang rendah, pemberian konsentrat yang berlebihan.

Gejala

Gejala ternak yang mengalami indigesti tergantung dari kondisi ternak dan penyebabnya. Pada sapi yang sedang laktasi akan terjadi anoreksia dan penurunan pada produksi susu. Selain itu, feses akan mengeras dan jumlah feses sapi mengalami penurunan dan bahkan tidak ada feses di dalam saluran pencernaan

Penanganan dan Pencegahan

Penanganan ternak yang mengalami indigesti yaitu memberikan obat-obat parasimpatomimetik seperti carbamyl-choline dengan dosis 2 – 4 cc SC (subcutan) untuk membantu meningkatkan kontraksi rumen.

Pencegahan yang dilakukan sebaiknya menghindari pemberian pakan yang memiliki kandungan serat terlalu tinggi. Selain itu, menyediakan air minum secara berlebih pada ternak.

 

-----------------------------------------------

 Disusun oleh: Syamsidar & Kusdianawati

--------------------------------------------

Ditulis oleh: Kusdianawati & Syamsidar

Share

Referensi

Aiello et al. 2000. The Merck Veterinary Manual. Edisi 8. USA: Whitehouse station.