A-Z Penyakit Hewan Ternak

Hendra Virus

Virus Hendra (HeV) adalah anggota keluarga Paramyxoviridae dan satu dari dua spesies virus dalam genus Henipavirus (yang lainnya adalah virus Nipah). HeV pertama kali diisolasi pada tahun 1994 dari spesimen yang diperoleh selama berjangkitnya penyakit pernapasan dan neurologis pada kuda dan manusia di Hendra, pinggiran kota Brisbane, Australia. Manusia rentan terhadap virus Hendra. Infeksi virus Hendra memiliki tingkat kematian yang tinggi pada kuda dan manusia,

Pada flying foxes, virus menular dan/atau virus nukleat asam telah ditemukan dalam urin, darah, usap tenggorokan, air liur, tinja, jaringan janin dan cairan rahim. Kuda dianggap terinfeksi oleh ingesti atau menghirup virus Hendra dari lingkungan, kemungkinan besar ketika mereka makan di daerah yang terkontaminasi oleh air seni flying foxes dan/atau buah dan pertengkaran yang terkontaminasi virus (tanaman berserat bahan yang tersisa setelah dikunyah oleh kelelawar).

Kasus indeks biasanya pada kuda yang disimpan di luar, dekat aktivitas flying fox.

Gejala

Infeksi pada kuda biasanya menyebabkan timbulnya pernapasan akut dan / atau tanda-tanda neurologis, tetapi tanda-tanda dapat bervariasi. Tanda-tanda pertama termasuk demam, takikardia, ketidaknyamanan, berat badan turun dan depresi (lesu, tidak responsif). Mungkin ada kesulitan bernapas dan keluarnya cairan dari hidung. Kemunduran cepat kondisi kuda adalah dianggap sebagai tanda penting dalam menentukan kemungkinan infeksi virus Hendra.

Penanganan dan Pencegahan

Infeksi kuda dapat dicegah dengan meminimalkan kontak kuda dengan Flying-foxes dan ekskresinya. Seperti paramyxovirus lainnya, virus Hendra diharapkan menjadi rentan terhadap sabun, deterjen dan banyak lainnya desinfektan termasuk hipoklorit, iodofor, biguanidine (mis. chlorhexidine), Virkon® dan kuaterner senyawa amonium. Virus ini rentan terhadap pengeringan atau panas, tetapi menahan inaktivasi oleh asam atau alkali; dapat bertahan pada kisaran pH yang luas dari 4 hingga 11.

Share

Referensi

The Center for Food Security and Public Healt h. 2015. Hendra Virus Infection. Lowa State University. College of veterinary Medicine.

 

Institut For Internasional Cooperation in Animal Biologics. 2005. Hendra Virus Infection. Lowa State University. College of veterinary Medicine.

 

Isabel M. R. Hess, Peter D. Massey, Belinda Walker, Deborah J. MiddletonD and Therese M. WrightC. 2014. Hendra virus: what do we know?. Article in New South Wales Public Health Bulletin · May 2011 https://www.researchgate.net/publication/51513947