A-Z Penyakit Hewan Ternak

Diphtheria (Penyakit Cacar Mulut)

Penyakit cacar mulut merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Actynomyces necrophorus. Penyakit cacar mulut akan menyerang anak sapi yang berusia 3 bulan. Penyakit ini cukup berbahaya, karena anak sapi tidak akan bisa meminum air susu secara langsung dari indukanya. Pada umumnya penyakit cacar akan menyerang pada tenggorokan anak sapi.

Gejala

Penyakit cacar mulut yang menginfeksi ternak akan membuat suhu badan ternak meningkat, mengalami kesulitan dalam bernafas, lidah terjulur, mulut akan banyak mengeluarkan cairan dan berbau asam.

Penanganan dan Pencegahan

Penanganan ternak yang mengalami cacar mulut yaitu dengan memberikan obat sulfa seperti sulfapyridinie, sulfamerozine, trypyron, atau pinicillin. Apabila cacar terdapat di rongga mulut maka bisa diolesi dengan yodium tinctur atau larutan permanganat 10%.

Pencegahan yang bisa dilakukan yaitu memperhatikan kebersihan mulut anak sapi dengan cara mengontrol secara berkala, karena luka kecil yang terjadi pada mulut bisa menyebabkan kontaminasi bakteri yang menyebabkan penyakit cacar mulut.

 

----------------------------------------------

Disusun oleh: Kusdianawati & Syamsidar

Share

Referensi

Murtidjo, B.A. 1990. Sapi Potong. Kanisius, Yogyakarta.

 

Sudono, A., Rosdiana, F.R., dan Setiawan, B.S. 2005. Cara Mengatasi Permasalahan Praktis, Beternak Sapi Perah secara Intensif. Agromedia Pustaka, Jakarta.