A-Z Penyakit Hewan Ternak

Dactylogyriasis (Cacing Insang)

Dactylogyriasis adalah penyakit yang disebabkan oleh Dactylogyrus sp, Cychlidogyrus sp, dan Quadricanthus sp. Dactylogyrus sp merupakan cacing Trematoda dari sub-kelas Monogenea. Parasit ini tergolong cacing tingkat rendah.

Makanan dari parasit ini berasal dari lendir ikan, dinding epitel yang mengelupas dan darah. Infeksi berat penyakit ini dapat mematikan 30-100% dalam waktu beberapa minggu. Parasit cacing ini dapat merusak filament insang, dan relatif lebih sulit dikendalikan dan sangat berbahaya karena biasanya menyerang ikan bersamaan dengan parasit lain.

Gejala

Gejala Dactylogyriasis adalah warna tubuh ikan menjadi pucat, nafsu makan menurun, kekurusan dan respirasi meningkat serta sesak napas, gelisah dan lamban. Produksi mukus pada insang berlebih, ikan sering meloncat-loncat, ikan sering berkumpul/mendekat ke air masuk, dan insang pucat atau membengkak sehingga operkulum terbuka.

Biasanya ikan akan berenang di permukaan agar mudah mendapatkan oksigen. Mukosa insang menjadi berwarna gelap dan menutup insang, sehingga insang seperti tertutup lumpur. Kulit berwarna gelap dan pada infeksi berat menyebabkan ikan diam di dasar kolam dan lama kelamaan akan mati.

Penanganan dan Pencegahan

Pengobatan pada ikan yang terinfeksi dengan perendaman beberapa jenis desinfektan yaitu : Larutan garam dapur pada konsentrasi 500-10.000 ppm (tergantung jenis dan umur ikan) selama 24 jam, Larutan Kalium Permanganate (PK) pada dosis 4 ppm selama 12 jam, Larutan formalin pada dosis 25-50 ppm selama 24 jam atau lebih, Glacial acetic acid 0,5 ml/L selama 30 detik setiap 2 hari selama 3 – 4 kali.

Penanganan dan pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kualitas air dan stabilitas suhu (> 29°C). Mengurangi kadar bahan organik terlarut dan/atau meningkatkan frekuensi pergantian air.

 

 

----------------------------------------------

Disusun oleh: Syamsidar & Kusdianawati

Share

Referensi

Kumalasari N. 2016. Pemeriksaan Ektoparasit pada Ikan Lele Masamo (Clarias sp) di Balai Pengembangan Teknologi Kelautan dan Perikanan, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Fakultas Perikanan dan Kelautan. Universitas Airlangga Surabaya


http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/67106/Chapter%20III-V.pdf?sequence=3&isAllowed=y


Buku Saku Penyakit Ikan. http://www.academia.edu/35140331/buku_saku_penyakit_ikan