A-Z Penyakit Hewan Ternak

Coccidiosis

Coccidiosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh Coccidia. Coccidia adalah parasit protozoa yang merusak lapisan usus kecil. Coccidia biasanya ditemukan pada ternak dengan pemeliharaan secara konvensional (dikandangkan) atau dengan sistem penggembalaan intensif. Ternak yang berumur antara satu hingga enam bulan dengan sistem penggembalaan intensif beresiko tinggi untuk terserang coccidiosis.

Gejala

Gejala klinis yang ditunjukkan oleh ternak yaitu terjadi penurunan berat badan dan pertumbuhan terhambat. Hal ini disebabkan oleh kehadiran protozoa sebagai parasit yang menyerap nutrisi dari pakan yang dicerna oleh ternak. Selain itu, ternak akan mengalami diare (keluar beserta darah dan lendir). Tanda-tanda klinis lainnya termasuk dehidrasi, demam, anemia, dan pecahnya wol atau rambut.

Penanganan dan Pencegahan

Penanganan ternak yang menderita coccidiosis dapat diobati dengan obat sulfa. Pencegahan penyakit coccidiosis dapat dikendalikan dengan menerapkan teknik sanitasi yang baik, menyediakan air bersih, pengembalaan ternak pada padang rumput yang kemungkinan tidak terdapat parasit, dan menghindari padang rumput yang terlalu besar.

 

---------------------------------------------

Disusun oleh: Kusdianawati & Syamsidar

Share

Referensi

Pezzanite, L., Neary, M., Hutchens, T., Scharko, P. Common Diseases and Health Problems in Sheep and Goats. UK (University of Kentucky), College of Agriculture. Animal Sciences, Purdue Extension. Purdue University Cooperative Extension Service, West Lafayette, IN 47907.