A-Z Penyakit Hewan Ternak

Chicken Anemia Syndrome (CAS)

Chicken Anemia Syndrome (CAS) yang disebut juga chicken infectious anemia (CIA), blue wing disease, anemiadermatitis syndrome (ADS), atau hemorrhagic syndrome merupakan penyakit viral yang bersifat akut pada ayam muda. Penyakit ditandai adanya anemia dan pengecilan organ limfoid yang mengakibatkan imunosupresif (penekanan sistem kekebalan tubuh).

Infeksi CAS menyebabkan mortalitas yang tinggi, ganguan pertumbuhan dan peningkatan kepekaan terhadap berbagai penyakit. Penyakit ini dapat ditularkan secara cepat di antara kelompok ayam atau secara vertikal dari induk ke anak melalui telur. Penularan secara vertikal pada infeksi alami dapat berlangsung selama 3-6 minggu.

Ayam muda dengan umur kurang dari dua minggu yang tidak memiliki antibodi maternal rentan terhadap CAS dan resistensi terhadap CAS akan meningkat sesuai dengan bertambahnya umur.

Gejala Klinis

Pada kasus akut, gejala klinis muncul pada ayam umur 7-14 hari, ditandai dengan hambatan pertumbuhan dan penurunan nafsu makan. Pada bagian muka, pial dan jengger tampak pucat, bulu ayam berdiri disertai dengan terjadinya peningkatan mortalitas ayam sekitar 5-16%,. Kepucatan ayam tersebut disebabkan gangguan jaringan pembentuk darah pada sumsum tulang, perdarahan subkutan dan otot serta pengecilan organ limfoid.

Selain itu sering terlihat perdarahan titik atau kerusakan dengan warna kebiruan (blue wing disease) pada kulit, terutama sayap, kepala, leher, ekor, dada, abdomen, paha, dan kaki. Jika disertai infeksi sekunder bakteri, lesi mengeluarkan cairan yang bening dan encer (dermatitis gangrenosa).

Penanganan dan Pencegahan

Pengobatan dengan antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder dapat membantu menurunkan kasus. Pencegahan dapat dilakukan dengan vaksinasi di breeder pada unggas umur 18 minggu agar keturunannya memiliki antibodi maternal yang dapat melindunginya dari serangan CAS. Vaksinasi dapat dilakukan dengan vaksin inaktif atau vaksin aktif yang telah dilemahkan (atenuated live vaccine). Antibodi maternal dapat melindungi anak ayam terhadap CAS.

 

---------------------------------------------

Disusun oleh: Syamsidar & Kusdianawati

Share

Referensi

Pudjiatmoko, Lubis N, Syafrison, Yulianti S, Kartika D, Yohana CK, Setianingsih E, Efendi ND, Saudah E. 2014. Manual Penyakit Unggas. Direkorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Cetakan ke-2. Jakarta: Kementerian Pertanian.

 

Tabbu, C.R. (2000) Penyakit ayam dan penanggulangannya, penyakit bakterial, mikal, dan viral Volume 1. Kanisius, Yogyakarta.

 

Schat KA. 2009. Chicken anemia virus. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19230563