A-Z Penyakit Hewan Ternak

Cacing Mata pada Unggas

Cacing mata pada unggas adalah penyakit yang disebabkan oleh infestasi parasit cacing yang suka tinggal di mata inang khususnya di saccus conjunctiva. Penyebab penyakit ini adalah Oxyspirura mansoni yang merupakan cacing gilig.

Cacing jenis ini menyerang berbagai unggas, antara lain ayam, kalkun, merpati, burung-burung liar dan burung-burung dalam sangkar. Kelabang dan kecoa merupakan vektor mekanik yang berperan sebagai media penular penyakit ini. Penyakit cacing mata ini hanya menular secara horizontal dan tidak diturunkan dari induk ke anak.

Gejala

Unggas yang terinfeksi menunjukkan gejala conjunctivitis (radang pada conjunctiva mata), opthalmitis (radang pada mata), kerusakan kornea dan mengganggu daya pandang mata. Mata penderita akan tampak kotor karena banyak eksudat dan basah. Gejala klinis penyakit ini berupa hiperlakrimasi, kebengkakan mata disertai adanya eksudat purulent atau perkejuan sehingga kedua kelopak mata menjadi lengket pada mata anak ayam buras umur 1 - 3,5 bulan.

Apabila penyakit ini tidak diobati maka dapat menyebabkan terjadinya tukak (ulkus) pada kornea dan penonjolan isi dari serambi anterior mata sehingga terjadi kebutaan total. Akibatnya adalah ayam sulit mencari makan dan berakhir dengan kematian ayam. Pada ayam yang sakit tampak gejala kekurusan, pucat, dan ditemukan O. Mansoni.

Penanganan dan Pencegahan

Pengobatan dilakukan dengan meneteskan 1-2 tetes larutan cresol 5% kemudian dibiarkan 2-3 menit. Selanjutnya mata dibersihkan dengan dengan aquades steril agar sisa larutan cresol hilang. Pengobatan cacing mata ini juga dapat dilakukan dengan air tembakau, asam borat (2 - 3%), lysol (0,5%), sublimat (0,05%), iodine (0,05%), niercuri chloride (0,05%) atau dengan ripercol (10%), hiabendazole atau dengan Ivermectine (0,005 - 0,05 n1g; 0,05 - 0,1%). Penanganan penyakit ini dilakukan dengan membuat lingkungan harus bersih dan tidak membiarkan unggas makan lipan atau kecoa.

 

--------------------------------------------

Ditulis oleh: Syamsidar & Kusdianawati

Share

Referensi

Pudjiatmoko, Lubis N, Syafrison, Yulianti S, Kartika D, Yohana CK, Setianingsih E, Efendi ND, Saudah E.2014. Manual Penyakit Unggas . Subdit Pengamatan Penyakit Hewan Direktorat Kesehatan Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian.

 

Wasito.1997. Upaya Penanganan Infeksi Cacing'mata Ayam Buras Melalui Pemeliharaan dan Pengobatan. Seminar Nasional Peternakan dam Vetenner 1997

 

Anonim 2018. Penyakit Parasit pada unggas http://directory.umm.ac.id/Data%20Elmu/pdf/penyakit_ parasit_unggas_baru.pdf