A-Z Penyakit Hewan Ternak

Cacar Babi

Cacar babi disebut juga sebagai Swinepox, Pigpox, Variola suilla, Louse borne dermatititis, dan Contagious inpertigo. Cacar babi merupakan penyakit menular pada babi, ditandai dengan adanya Iepuh serta keropeng pada kulit. Cacar babi biasanya merupakan penyakit ringan dengan lesi terbatas pada kulit, namun anak babi dapat terserang dengan tingkat mortalitas tinggi.

Cacar babi hanya menyerang babi terutama babi berumur muda. Penularan penyakit ini dapat melalui kontak langsung antara babi sakit dengan yang sehat. Gigitan serangga pengisap darah (nyamuk), kutu babi (Haematopinus suis), atau tungau (Tyrogtyphid spp) dapat menjadi vektor dalam penularan penyakit ini.

Gejala

Gejala penyakit cacar babi, diantaranya nampak bintil-bintil kecil berwarna merah di telinga, leher, tubuh bagian bawah, dan paha sebelah dalam. Bintil ini kemudian dapat menjadi gumpalan yang keras pada bagian atas. Beberapa hari kemudian bintil-bintil itu menjadi lepuh sebesar kedelai berisi cairan jernih yang kemudian menjadi seperti darah putih atau nanah.

Lepuh-lepuh tersebut akan segera mengering dengan meninggalkan bekas, seperti kudis yang berwarna coklat tua. Sebelum kulit berganti, panas tubuh babi akan meningkat dan menurunkan nafsu makan.

Penanganan dan Pencegahan

Pengobatan spesifik terhadap penyakit cacar babi belum ada. Pengobatan dengan yodium pekat dan antibiotika (penstrep, terramycin injeksi) pada kulit dapat mencegah infeksi sekunder. Vaksinasi dapat menjadi alternatif pencegahan penyakit ini. Tindakan pengendalian lebih diarahkan dengan melakukan karantina kontrol lalu lintas ternak yang ketat dan memberantas nyamuk serta tungau di daerah wabah.

 

--------------------------------------------

Disusun oleh: Syamsidar & Kusdianawati

Share

Referensi

Pudjiatmoko, Syibli M, Nurtanto S, Lubis N, Syafrison, Yulianti S, Kartika D, Yohana CK, Setianingsih E, Efendi ND, Saudah E.2014. Manual Penyakit Unggas . Subdit Pengamatan Penyakit Hewan Direktorat Kesehatan Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian.

 

Dewi GAMK. 2017. Materi Ilmu Ternak Babi. Fakultas Peternakan Universitas Udayana Denpasar