A-Z Penyakit Tanaman

Taphrina macullans (Karat Daun/Bercak Daun Kunyit)

Penyakit karat daun atau dikenal juga sebagai penyakit bercak daun merupakan penyakit yang umum didapatkan menyerang daun pada tanaman kunyit terutama dimusim hujan. Penyakit ini disebabkan oleh pathogen jenis jamur Taphrina macullans yang pertama kali ditemukan sekitar tahun 1911. Miselium pategon ini dapat ditemukan tumbuh di antara sel epidermis (kulit terluar) atau pada sisa tanaman.

Gejala

Tumbuhan yang terserang penyakit karat daun ini umumnya menunjukkan gejala berupa munculnya bercak bercak daun dalam jumlah yang banyak, warna daun beruah menjadi coklat kemerahan dibandingkan yang sehat berwarna hijau. Ukuran bercak terkecil berdiameter sekitar 1-2 mm. Pada serangan parah maka bercak akan membesar dan bentuknya tak beraturan.

Penanganan dan Pengendalian

Penanganan dan pengendalian terhadap penyakit karat yang disebabkan oleh pathogen Taphrina macullans, diantaranya yaitu:

  1. Pengendalian dengan menggunakan fungisida biasanya dilakukan dengan penyemprotan fungisida Bordeaux mixture, ferenox, fytolan, bitox-50 dan dithane z-78.
  2. Tanaman yang terserang harus segera dicabut dan dimusnahkan, pemusnahan dapat dilakukan dengan membakarnya.
  3. Sanitasi atau kebersihan lahan perlu dilakukan untuk mencegah berkembangnya jamur ini
  4. Penggunaan varietas yang resisten terhadap jamur Taphirina moculans.

 

-------------------------------------

Disusun oleh: Pramadya

Direview oleh: Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Chopada GB, Epidemiogy and management of turmeric ( Curcuma longa L.) leaf blotch caused by Taphrina sp., Navsari agricultural university

 

Sastrahidayat IR, Penyakit pada tumbuhan obat obatan, rembah-bumbu dan stimulan, UB press