A-Z Penyakit Tanaman

Pythium aphanidermatum (Busuk Akar dan Rimpang)

Penyakit busuk akar dan rimpang ini umumnya menyerang tanaman kunyit. Patogen penyebab penyakit ini disebut Pythium aphanidermatum memiliki ukuran diameter miselium 3-7 mikron, bercabang tidak beraturan. Sporangia (tempat pembentukan spora) berbentuk filamen (bagian jamur yang berbentuk seperti benang yang tipis) tidak rata, bercabang tidak teratur atau sederhana yang dipisahkan dari ujung hifa (bagian jamur yang berbentuk seperti benang). Cendawan Pythium aphanidermatum ini hidup di tanah yang lembab. Oospora (spora dari sel betina) berbentuk seperti bola dengan diameter 22-17 µm. Reproduksi jamur dapat secara seksual ataupun aseksual.

Gejala

Gejala yang diakibatkan oleh cendwan Pythium aphanidermatum adalah rebah semai di awal pembibitan, bibit yang terserang pangkal batangnya membusuk sehingga layu dan terkulai lemas. Infeksi terjadi pada akar atau pangkal batang, kadang kadang perakaran yang muda juga terserang sehingga membusuk. Akar tanaman yang terinfeksi berwarna coklat muda dan berair.

Penanganan dan Pengendalian

Beberapa penanganan dan pengendalian penyakit busuk akar dan rimpang dari pathogen Pythium aphanidermatum ini diantaranya yaitu:

  1. Untuk media pembibitan diusahakan tanah yang mudah meluluskan air agar kelembaban tanah tidak terlalu tinggi, terutama pada musim ujan.
  2. Penggunaan sanitasi (kebersihan) yang baik
  3. Bibit atau tanaman yang sakit harus dibuang dan dimusnahkan dengan dibakar untuk menghindari penularan lebih lanjut.
  4. Jarak tanam bibit agar diupayakan tidak terlalu rapat untuk mengurangi kelembaban di pembibitan.
  5. Penyemprotan dengan fungisida terutama yang mengandung bahan aktif metalxy.

 

-----------------------------------------

Disusun oleh: Pramadya

Direview oleh: Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Sastrahidayat IR, Penyakit pada tumbuhan obat obatan, rembah-bumbu dan stimulan, UB press

 

Parker KC. Pythium aphanidermatum: Soilborne plant pathogens class project
https://projects.ncsu.edu/cals/course/pp728/Pythium/Pythium_aphanidermatum.html