A-Z Penyakit Tanaman

Pseudoperonospora Cubensis (Penyakit Embun Bulu/Busuk Daun)

Penyakit embun tepung atau busuk daun disebabkan oleh pathogen Pseudoperonospora cubensis. Patogen tersebut menginfeksi kulit daun pada kelembaban udara tinggi, temperatur 16 – 22o C dan berembun atau berkabut. Cendawan ini mempunyai sporangiosphore (spora aseksual) berwarna transparan berukuran 180 – 400 µ. Sporangia (tempat pembentukan spora) berwarna abu abu dengan ukuran 20-40 x 14 – 25 µm.

Gejala

Gejala serangan akibat jamur Pseudoperonospora cubensis diantaranya adalah daun berbercak kuning dan berjamur, warna daun akan menjadi coklat dan busuk. Tompok tompok berwara hijau pucat akan kelihatan pada permukaan daun, warna hijau pucat akan berubah menjadi bintik bintik kuning bersegi di antara urat urat daun. Bintik bintik bersegi atau bulat berwarna kelabu. Jika serangan bertambah teruk.

Penyakit ini bisa mengakibatkan keseluruhan daun menjadi kering, bergulung atau mati. Pada permulaan serangan, tanda penyakit akan kelihatan pada daun daun tua, kemudian akan merobek ke daun daun muda sehigga segabian besar pohon dijangkiti.

Penanganan dan Pengendalian

Berbagai cara untuk mengendalikan serangan pathogen Pseudoperonospora cubensis pada berbagai tanaman sehingga menyebabkan timbul penyakit embun tepung atau busuk daun diantaranya yaitu:

  1. Penggunaan alat alat pertanian yang bebas dari patogen.
  2. Sanitasi kebun dan sterilisasi alat pertanian perlu dilakukan.
  3. Memangkas daun yang terserang dengan cara dibakar.
  4. Pergiliran tanam dapat dilakukan untuk mengendalikan penyakit ini



-----------------------------------------

Disusun oleh : Pramaadya

Direview oleh: Ruth Martha Wennie

Share

Referensi

Savory EA dkk. The curcubit downy mildew pathogen pseudoperonospora cubensis. Molecular plant pathology


Anonimus. Kertas Fakta Penyakit Tanaman. Departement of agriculture and agrifood brunai.