A-Z Penyakit Tanaman

Podosphaera leucotricha (Embun Tepung)

Penyakit ini disebabkan oleh Podosphaera leucotricha. Cendawan ini menginfeksi dengan cara hidup di luar atau di atas permukaan inang. Haustoria (alat penghisap) akan menembus permukaan daun dan masuk ke dalam sel untuk menghisap zat makanan. Cendawan ini tumbuh subur pada cuaca hangat dan kering, karena jamur tidak membutuhkan air yang banyak pada permukaan tanaman yang diserang.

Cendawan ini memproduksi hifa (semacam benang) yang tumbuh pada permukaan tanaman. Penyebaran spora biasanya ditularkan melalui hembusan angin, percikan air hujan atau melalui serangga yang berperan sebagai vektor.

Gejala

Cendawan Podosphaera leucotricha ini menyerang tunas dan daun muda pada tanaman apel. Daun yang terserang akan tampak seperti tertutup tepung berwarna putih. Permukaan daun yang terserang terdapat bercak berwarna putih atau abu abu. Bercak tersebut sangat cepat menyebar sehingga permukaan daun akan tampak seperti tertutupi lapisan tepung.

Apabila tingkat serangan tinggi maka daun akan mengecil, keras, rapuh, melipat memanang dan mati. Ranting akan mati dan kerdil, bunga tidak akan menjadi buah, keriput dan lama kelamaan rontok. Sedangkan pada buah yang masih muda akan menjadi kerdil dang mengisut.

Penanganan dan Pengendalian

Beberapa penanganan dan pengendalian terhadap penyakit embun tepung akibat patogen Podosphaera leucotricha, diantaranya yaitu:

  1. Menggunakan varietas yang tahan atau resisten terhadap penyakit embun tepung
  2. Hindari penyiraman tanaman dari atas untuk mengurangi tingkat kelembaban udara.
  3. Basmi dan musnahkan semua bagian tanaman yang terinfeksi. Untuk bagian yang terinfeksi jangan dijadikan pupuk kompos, bagian yang terineksi dimuskahkan dengan cara dibakar
  4. Pangkas bagian bagian tanaman yang terlalu rimbun untuk membantu meningkatkan sirkulasi udara dan mengurangi kelembaban udara
  5. penggunaan 1 sendok makan baing soda dicampur dengan 2,5 minyak sunspray yang dilarutkan dalam air 4 liter dapat mengurangi pertumbuhan cendawan ini.

 

----------------------------------------

Disusun oleh: Pramadya

Direview oleh: Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Sestras R. Response of several apple varieties to pwdery mildew attack in central transylvania condition. Journal central european agriculture

 

Qadriani AA, empat golongan penting cendawan dan jenis penyakit. Balai karantina pertanian kelas II Gorontalo