A-Z Penyakit Tanaman

Plasmodiophora Brassicae (Akar Gada)

Cendawan Plasmodiophora brassicae mempunyai spora tahan berbentuk bulat, hialin (tidak berwarna), dengan diameter mencapai 4 µm. Spora tahan berkembang membentuk zoospora (bentuk spora dari jamur zoomycota). Zoospora ini tidak berdinding sel, berinti satu, dan sangat aktif bergerak. Tubuh buah cendawan yang disebut plasmodium bertahan dalam sel akar tanaman dan tidak berdinding sel. Spora tahan akan terbebas dari akar sakit apabila terurai oleh jasad sekunder.

Penyebaran penyakit ini dapat terjadi melalui bantuan angin, hewan, air drainase, dan alat-alat pertanian. Cendawan ini tidak bersifat terbawa benih dan dapat bertahan di dalam saluran pencernaan hewan.

Gejala

Akar tanaman yang terinfeksi mengalami pertumbuhan hipertropi (peningkatan volume akibat pembesaran komponen sel), pembelahan dan pembesaran sel secara berlebihan, sehingga menyebabkan bintil atau kelenjar yang tidak teratur. Bintil-bintil yang bersatu ini menjadi bengkak memanjang dan mirip gada.

Akibat adanya, abnormalitas ini menyebabkan terganggunya proses pengangkutan unsur hara. Tanaman menjadi layu, daun-daun berwarna hijau kelabu, dan terlihat merana. Pada umumnya gejala di atas permukaan tanah terlihat apabila keadaan perakaran sudah sangat rusak.

Penanganan dan Pengendalian

Sistem pengendalian terhadap cendawan Plasmodiophora brassicae, yaitu:

  1. Jika tanah terindikasi asam, lakukan segera pengapuran untuk meningkatkan pH tanah.
  2. Lakukan rotasi tanaman untuk memutus siklus penyakit. Cendawan penyebab akar gada mampu bertahan dalam tanah selama 3-6 tahun.
  3. Memusnahkan tanaman yang terserang dengan cara dibakar.
  4. Perlu dipilih lokasi yang terhindar dai aliran limpasan air hujan.
  5. Penggunaan Trichoderma sebagai agen hayati dapat megurangi perkembangan cendawan ini.


-----------------------------------------

Disusun oleh : Pramaadya

Direview oleh: Ruth Martha Wennie

Share

Referensi

Arumansyah J, Perngguaan campuran trichoderma harziaum dengan berbagai pupuk kandang untuk menekan akar gada pada tanaman pakcoy


Dixon GR. The occurence and economic impact of Plasmodiophora brassicae and clubroot disease. Journal of Plant Growth Regulation, 28 (3)