A-Z Penyakit Tanaman

Phytophthora gummosis (Penyakit Gumosis)

Penyakit gumosis merupakan penyakit akibat cendawan Phytopthora gummosis yang merusak tanaman jeruk di seluruh dunia. Di Indonesia penyakit ini mempunyai sebaran geografis yang luas. Penyakit ini menyebabkan tanamn mengalamai daun yang berubah warna menjadi kuning, tajuk menjadi renggang. Serangan cendwan ini pada batang tanaman menyebabkan batang terluka dengan kulit terkelupas, sehingga menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat hingga menyebabkan kematian.

Gejala

Gejala serangan akibat Phytopthora gummosis dimulai dengan perubahan warna daun menjadi kekuningan, tajuk tidak rapat, pertumbuhan pucuk terhambat, ranting mengalami mati ujung dan bila penyakit parah maka tanaman dapat layu dan akhirnya mati. Permukaan batang dan caang basah serta mengeluarkan bisul berwarna cokelat keemasan.

Bila kulit batang diiris atau dikupas tampak kulit batang dan kayu di dalamnya berwarna kecoklatan. Pada gejala lebih berat, kulit batang pecah dan mengelupas serta di sebelah bawah bagian bergejala sering tumbuh tunas air.

Penanganan dan Pengendalian

Penanganan dan pengendalian terhadap penyakit gummosis akibat pathogen cendawan Phytopthora gummosis, yaitu:

  1. Bagian yang terkena penyakit ini segera dimusnahkan dengan cara dibakar dan dibuang di tempat yang jauh dari lahan.
  2. Penggunaan bibit dan alat alat pertanian yang bebas dari infeksi patogen ini.
  3. Sanitasi lahan perlu dilakukan untuk mengurangi berkembangnya penyakit busuk coklat.
  4. Perlu dipilih lokasi yang terhindar dai aliran limpasan air hujan.
  5. Menggunakan batang atau bibit yang tahan terhadap serangan cendawah phytophora .
  6. Agen antagonis Triconerma sp dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan cendawan ini.

 

----------------------------------------

Disusun oleh: Pramadiya

Direview oleh: Tuth Martha Winnie

Share

Referensi

Feichetenberger E. 2008. Control of phytophthora gummosis of citrus with systemic fungicides in Brazil1. https://www.researchgate.net/publication/230323942_Control_of_phytophthora_gummosis_of_citrus_with_systemic_fungicides_in_Brazil1

 

Mekonen M et al. 2005. Assessing and Measuring of Citrus gummosis (Phytophthora spp.) in Major Citrus Growing Areas of Ethiopia. https://www.researchgate.net/publication/284114465_Assessing_and_Measuring_of_Citrus_gummosis_Phytophthora_spp_in_Major_Citrus_Growing_Areas_of_Ethiopia