A-Z Penyakit Tanaman

Phytophthora citrophthora (Penyakit Busuk Coklat)

Penyakit busuk coklat disebabkan oleh cendawan Phytopthora citropthora. Penyakit ini terjadi sejak di lahan sampai dengan pascapanen. Cendawan ini bertahan dalam tanah dan menyebar melalui percikan air dan kontak sehingga dapat menginfeksi buah. Umumnya, infeksi berkembang pada pohon pohon yang berjarak 3 sampai 4 meter dari permukaan tanah. Phytopthora citropthora menghasilkan banyak sporangia (tempat pembentukan spora). Ukuran rata rata sporangia cendawan ini adalah 50 x 33µm dengan panjang sekitar 1,6 kali lebih panang dari lebarnya.

Gejala

Gejala serangan akibat Phytopthora citropthora dimulai dengan perubahan warna kulit buah menjadi pucat. Selanjutnya kulit buah menjadi coklat muda dan kasar. Apabila kondisi lembab, busuk coklat dapat menyebar denagn cepa dan miselia (kumpulan hifa) berwarna putih dapat terbentuk pada daerah yang terinfeksi. Buah dengan penyakit busuk buah memiliki bau tengik.

Penanganan dan Pengendalian

Penanganan dan pengendalian terhadap penyakit busuk coklat disebabkan oleh pathogen jenis cendawan Phytopthora citropthora, yaitu:

  1. Bagian yang terkena penyakit ini segera dimusnahkan dengan cara dibakar dan dibuang di tempat yang jauh dari lahan.
  2. Penggunaan bibit dan alat alat pertanian yang bebas dari infeksi patogen ini.
  3. Sanitasi lahan perlu dilakukan untuk mengurangi berkembangnya penyakit busuk coklat.
  4. Perlu dipilih lokasi yang terhindar dai aliran limpasan air hujan.
  5. Menggunakan batang atau bibit yang tahan terhadap serangan cendawah Phytophora ini.

 

---------------------------------------

Disusun oleh: Pramadiya

Direview oleh: Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Yaseen T dkk. Phytophtora citrophthora is the predominant phytophthora species in syrian citrus groves. Phytopathol. Mediterr no 49

 

Nurholis. Metode deteksi cendawan penyebab infeksi laten pada buah jeruk impor dan perlakuan fitosanitari. Institut pertanian bogor