A-Z Penyakit Tanaman

Phyllosticta zingiberi (Bercak daun Phyllosticta)

Penyakit bercak daun Phylosticta merupakan salah satu penyakit bercak daun pada jahe atau tanaman akar yang tersebar di seluruh dunia. Jenis jamur Phyllosticta zingiberi diklasifikasikan sebagai Ascomycetes yang memiliki piknidia (organ penghasil spora aseksual) berdiameter 5-120 µ dan berbentuk oval, dan berbentuk titik-titik berwarna coklat pada sisi teratas dari lesi jamur ini. Jamur Phyllosticta zingiberi yang termasuk kelompok jamur Sphaeropsidales, piknidia dilepaskan jika keadaan lembab, kelembaban juga diperlukan ketika spora bertunas.

Gejala

Gejala tanaman yang terserang akan terlihat bercak pada daunnya berupa bercak-bercak kecil sampai sedang, berbentuk bulat atau memanjang berukuran 1 mm sampai 10 mm x 0.5 mm sampai 4 mm. Bercak-bercak ini sering ditemukan pada daun muda. Bercak memiliki titip pusat yang memutih dan pinggiran coklat gelap dan dikelilingi oleh lingkaran yang menguning. Bercak-bercak bisa semakin membesar dan bergabung membentuk bercak yang lebih besar lagi. Tanaman yang amti dapat menajdi sumber inoculum yang berbahaya bagi tanman lain. Selain itu, Penyebaran jamur ini ke tanaman lain melalui angina.

Penanganan dan Pengendalian

Penanganan dan pengendalian dari penyalit Phyllosticta zingiberi ini yaitu:

  1. Menggunakan bibit yang sehat dan bebas penyakit ini. Untuk mencegah terinfeksi penyakit ini bibit dapat direndam terlebih dahulu dengan larutan karbendazim 0,25% atau larutan klorantraniliprol 0,25%.
  2. Tanaman yang terserang harus segera dicabut dan dimusnahkan, pemusnahan dapat dilakukan dengan membakarnya. 
  3. Memperbaiki drainase tanah, karena jamur umumnya dapat berkembang cepat pada daerah yang lembab
  4. Pemberian jamur Tricoderma harzianum dapat memperlambat masa inkubasi jamur Phyllosticta zingiberi
  5. Melakukan rotasi tanaman dan menyemprotkan fungisida 1 kali dalam seminggu.

 

--------------------------------------

Ditulis oleh: Pramadya

Diriview oleh: Ruth Marta Winnie

Share

Referensi

Ruchi sood, studies on leaf spot of ginger caused by Phyllosticta zingiberi RAMAKR, college of horticulture india

 

Ramakrishnan TS, a leaf spot disease of zingiber officinale caused by Phyllosticta zingiberi N.SP, agricultural reaserch institute, coimbatore

 

Shukla PK, Studies on Phyllosticta leaf spot of ginger, jawaharlal nehru krishi vishwa vidyalaya