A-Z Penyakit Tanaman

Oidium heveae (Gugur Daun Oidium/Embun Tepung)

Penyakit gugur daun Oidium merupakan penyakit utama pada tanaman karet yang disebabkan oleh cendawan Oidium heveae. Penyakit ini juga disebut penyakit embun tepung yang menyebabkan kerugian baik pada tanaman belum menghasilkan maupun tanaman telah menghasilkan. Jamur ini juga menyerang tanaman di persemaian, pembibitan dan kebun entress.

Serangan berat terjadi bila keadaan cuaca kering diselingi oleh hujan yang singkat atau kabut pada waktu tanaman membentuk daun muda. Kebun yang sering mendapat serangan berat adalah kebun yang terletak pada ketinggian 200 meter diatas permukaan laut.

Gejala

Gejala serangan akibat jamur Oidium membuat daun yang terserang terlihat berwarna hitam, lemas mengeriput dan berlendir. Di bawah permukaan daun terdapat berjak putih seperti tepung halus yang terdiri atas hifa (bagian jamur yang seperti benang) dan spora. Massa tepung jamur tersebut dapat uga menutupi permukaan atas daun. Pada serangan lanjut bagian ujung daun mati, daun melengkung dan akhrinya gugur sehingga tinggal tangkainya saja, tangkai ini akhrinya gugur juga.

Pada daun yang lebih tua, gejala serangan ditandani adanya berca kekuningan atau coklat, kemudian berkembang membentuk bintik bintik yang dapat mengurangi efisiensi fotosintesis. Pada daun tua juga terdapat tepung halus berwarna putih di permukaan, namun daun tersebut tidak banyak yang gugur.

Penanganan dan Pengendalian

Pengendalian secara terpadu terhadap penyakit gugur daun Oidium atau embun tepung dapat diilakukan beberapa penanganan, yaitu:

  1. Klon-klon renan sebaiknya tidak ditanam di daerah yang rawan penyakit ini.
  2. Merangsang pembentukan daun baru lebih cepat atau lebih awal sehingga dapat terhindar dari serangan pada musim hujan.
  3. Memangkas daun yang terserang dan memusnahkannya dengan cara dibakar.
  4. Pada tanaman dewasa dapat menggunakan fungisida Bayfidan 250EC, Bayleton 250 eC, belerang atau Tilt 250EC yang dimulai pada waktu 10% pohon membentuk daun baru.
  5. Pengamatan dilakukan setiap hari dimulai pada saat tanaman mulai membentuk daun baru gingga daun menjadi hijau sehingga serangan penyakit ini dapat diramalkan kapan akan terjadi.

 

----------------------------------------

Disusun oleh: Pramadiya

Direview oleh: Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Wastie RL dkk, Economic of controlling secondary leaf fall of havea caused by Oidium haveae steinm. Journanl of the ruber research institute of malaya, volume 21 part 1.

 

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI). 2013. http://perkebunan.litbang.pertanian.go.id/penyakit-gugur-daun-oidium-pada-tanaman-karet/