A-Z Penyakit Tanaman

Marssonina Coronaria (Penyakit Bercak Daun Apel)

Daun apel diketahui ada beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh pathogen cendawan, salah satunya penyakit bercak daun. Cendawan Marssonina coronaria memiliki konidia (spora aseksual) yang terbentuk pada tangkai di acervulus (tubuh buah aseksual) dengan ujung runcing. Konidia cendawan ini berwarna transparan dan bersekat. Ukuran konidia umumnya berkisar antara 14,8 – 21 xx 3,5-5,3 µm. Pada suhu 20oC dengan kelembaban udara 100%, konidia dari cendawan ini dapat tumbuh optimal.

Gejala

Gejala tanaman yang terserang Marssonina coronaria ialah pada daun yang berumur 4 – 6 minggu setelah pemotongan ranting dan daun yang tidak produktif. Mulanya, pada daun timbul bercak putih tidak teratur, berwarna coklat, permukaan atas timbul titik hitam, dimulai dari darun tua, daun muda hingga seluruh bagian gugur.

Penanganan dan Pengendalian

Penanganan dan pengendalian penyakit bercak daun ini yang disebabkan oleh cendawan Marssonina coronaria, yaitu:

  1. Bagian yang terkena penyakit ini segera dimusnahkan dengan cara dibakar dan dibuang di tempat yang jauh dari lahan.
  2. Penggunaan bibit dan alat-alat pertanian yang bebas dari infeksi patogen ini.
  3. Menanam dengan jarak tidak terlalu rapat, tujuannya supaya sirkulasi udara lancar.
  4. Penyemprotan dengan mengunakan jenis fungisida Agrisan 60 WP 2 gram/liter air, dosis 1000-2000 gram/ha sejak 10 hari setelah rompes dengan interval 1 minggu sebanyak 10 aplikasi atau Delseme MX 200 2 gram/liter air, Henlate gram/liter air sejak umur 4 hari setelah rompes dengan interval 7 hari hingga 4 minggu dapat digunakan untuk mengurangi penyebaran cendawan ini.

 

-----------------------------------------

Disusun oleh : Pramaadya

Direveiw oleh: Ruth Martha wennie

Share

Referensi

Sastrahidayat IR dkk. Marssonina leaf blotch on the apple orchard in batu, indonesia. AGRIVITA Journal of agricultural science vol 38 no 2


Dong-Hyuk L et al. 2011. Biological Characterization of Marssonina coronaria Associated with Apple Blotch Disease.

 

https://www.researchgate.net/publication/229065683_Biological_Characterization_of_Marssonina_coronaria_Associated_with_Apple_Blotch_Disease