A-Z Penyakit Tanaman

Lasiodiplodia Theobromae (Penyakit Layu Pucuk)

Pada beberapa jenis tanaman buah, diketahui ada jenis penyakit seperti penyakit layu pucuk yang diesbabkan oleh pathogen jenis cendawan Lasiodiplodia theobromae. Cendawan ini dapat membentuk miselia aerial yang lebat dan berwarna coklat tua dengan piknidia muncul berupa klaster dalam stromata, berbentuk bulat dengan leher panjang dan berwarna gelap hitam kehijauan. Fialid berbentuk silindris dan berukuran 5-12 µm x 2-4 µm serta konidia bersel dua bila tua, berukuran 22-28 µm x 12-15 µm, berbentuk elips, berwarna coklat tua dan memiliki garis-garis longitudinal.

Gejala

Gejala serangan akibat cendawan Lasiodiplodia theobroma  ditandai dengan terbentuknya pustul secara sporadis (tidak merata) dan kemudian mereka menyatu menjadi lebih luas pada batang. Infeksi berat menyebabkan retak, kulit membusuk dan mengeluarkan cairan. Pada tanaman yang masih muda, infeksi awal pada tunas muda berupa bercak kecil berwarna cokelat gelap, menyebar cepat, kemudian kulit membusuk, bagian daun yang terinfeksi menjadi kuning karena kurangnya pasokan gizi dan air. Infeksi yang parah menyebabkan kematian pada ranting mulai dari ujung (mati pucuk)

Penanganan dan Pengendalian

Beberapa cara untuk menangani dan mengendalikan tanaman yang terserang cendawan cendawan Lasiodiplodia theobromae, yaitu:

  1. Penggunaan alat alat pertanian yang bebas dari patogen.
  2. Sanitasi kebun dan sterilisasi alat pertanian perlu dilakukan.
  3. Memangkas ranting yang terserang dengan cara dibakar.
  4. Fungisida berbahan aktif benomil dapat diaplikasikan untuk mengendalikan cendawan ini.


-----------------------------------------

Disusun oleh : Pramaadya

Direview oleh: Ruth Martha Wennie

Share

Referensi

Alves A. Dkk. Morphological and moleculer data reveal cryptic speciation in lasiodiplodia theobromae. Fungal deversity.


Khanzada MA et al. 2004. Pathogenicity of Lasiodiplodia theobromae and Fusarium solani on mango. https://www.researchgate.net/publication/266069789_Pathogenicity_of_Lasiodiplodia_theobromae_and_Fusarium_solani_on_mango