A-Z Penyakit Tanaman

Helminthosporium Oryzae (Bercak Cokelat)

Cendawan Helminthosporium oryzae memiliki konidia (spora aseksual) melengkung, pada bagian tengahnya agak melebar, mempunyai sekat 6-14, berhilum, dan berwarna kecoklatan. Konidia ini dibentuk pada tangkai sederhana yang tumbuh pada bercak. Konidia ini dapat disebarkan oleh angin dan dapat terbawa benih.

Gejala

Tanaman yang terserang Helminthosporium oryzae menunjukan gejala pada fase semai, pada daun, dan bulir padi. Fase terentan adalah saat pembentukan bunga dan buah. Bibit yang terinfeksi mempunyai gejala busuk pada koleoptil, batang, dan akar, akan menyebabkan kematian. Bercak daun memanjang (oval), bagian tengah berwarna kuning pucat dan kelabu, terkadang dikelilingi halo.

Serangan berat akan menyebabkan daun menjadi kering, batang dan tangkai bulir yang terinfeksi patah sehingga biji keriput, tanaman tidak membentuk malai atau malai tidak keluar dari upih.

Penanganan dan Pengendalian

  1. Jarak tanam yang tidak terlalu rapat terutama saat musim hujan.
  2. Jangan menggunakan urea yang berlebihan dan imbangi dengan unsur kalium.
  3. Penggunaan aplikasi fungisida pada daun.
  4. Penanaman dengan menggunakan varietas yang tahan terhadap penyakit ini.
  5. Untuk mencegah meluasnya penyakit, tanaman yang sakit dicabut dan dibakar.




-----------------------------------------

Disusun oleh : Pramaadya

Direview oleh: Ruth Martha Wennie

Share

Referensi

Rahmawati dkk. Diagnosa Penyakit Akibat Jamur pada Tanaman Padi (Oryza sativa) di Sawah Penduduk Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. UNTAN


Opete.info