A-Z Penyakit Tanaman

Colletotrichum capsici (Antraknosa, Patek, Busuk Kering)

Colletotrichum capsici adalah sejenis cendawan patogen penyebab penyakit pada tanaman. Cendawan ini dapat menyerang batang, ranting, daun dan buah. Hampir semua tanaman dapat terinfeksi cendawan ini. Pada tahap awal infeksi konidida cendawan ini yang terjadi di permukaaan kulit buah cabai merah akan berkecambah dan membentuk tabung perkecambahan. Infeksi cendawan ini paling banyak terjadi pada musim hujan dan pada lahan yang berdrainase buruk. Dimusim kemarau dengan lahan berdrainase baik, infeksi dakibat cendawan ini tidak begitu menimbulkan gejala serangan penyakit yang membuat tanaman menjadi gagal tumbuh.

Gejala

Gejala awal serangan cendawan Colletotrichum capsici ini terhadap tanaman, ditandai dengan adanya bintik-bintik kecil yang berwarna kehitam-hitaman dan sedikit melekuk.  Buah yang terinfeksi mengerut, membusuk dan rontok/gugur. Bercak berbentuk bundar cekung dengan berbagai ukuran dan berkembang pada buah muda. Pada serangan parah bercak akan bersatu dan merata hampir di seluruh permukaan kulit buah. Dengan rabaan, akan terasa titik-titik hitam kecil, di bawah mikroskop akan tampak rambut-rambut halus berwarna hitam

Penanganan dan Pengendalian

Penanganan dan pengendalian dilakukan untuk meminimalkan serangan penyakit Colletotrichum capsici ini pada tanaman, yaitu:

  1. Melakukan tindakan preventif dengan menjaga kebersihan area pertamanan dari gulma, menjaga kelembaban iklim mikro tanaman agar tidak terlalu lembab.
  2. Tanaman yang terserang penyakit ini harus segera dimusnahkan dengan dibakar.
  3. Pemberian cendawan Tricoderma harzianum, Bacillus subtillis, Pseudomonas fluorescens yang merupakan agen hayati antagonis cendawan ini.
  4. Fungisida berbahan aktif Propineb 70% yang dapat menekan perkembangan cendawan ini.

 

------------------

Disusun oleh: Pramadya

Diriview oleh: Ruth Marta Winnie

Share

Referensi

Noveriza R dkk, Penyakit bercak daun pada tanaman kunyit dan strategi pengendaliannya, prosiding seminar nasional pengembangan tanaman obat menuju kemandirian masyarakat dalam pengobatan keluarga

 

Priyono, Agribisnis tanaman obat kunyit dan lengkuas, Innofarm: jurnal inovasi pertanian vol 9 no 2.

 

Mohamad Agus Salim. 2012. PENGARUH ANTRAKNOSA (COLLETOTRICHUM CAPSICI DAN COLLETOTRICHUM ACUTATUM ) TERHADAP RESPONS KETAHANAN DELAPAN BELAS GENOTIPE BUAH CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L).

https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/viewFile/302/316