A-Z Penyakit Tanaman

Cercospora Capsici (Penyakit Bercak Daun Cabai)

Penyakit bercak daun adalah penyakit yang banyak diumpai pada cabai merah. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Cescospora capsici. Jamur ini membentuk konidium (spora aseksual) berbentuk pada jenjang bersekat 3-12 dengan ukuran 6-200 x 3-5 µm, konidifor (hifa yang membentuk spora aseksual) pendek bersekat. Hifa pada umumnya bersepta (bersekat) dan terdiri dari sel berinti tunggal. Jamur mampu bertahan dalam waktu lama dengan kondisi yang kurang cocok.

Gejala

Gejala serangan akibat Cercospora capsici ditunjukan dengan daun dipenuhi bercak-bercak berwarna kepucatan yang awalnya berukuran kecil dan akhirnya membesar. Bercak dapat meluas hingga mempunyai garis tengah 0,5cm atau lebih. Pusat bercak berwarna pucat sampai putih, pada bagian pinggiran daun terdapat bercak berwarna kecoklatan. Bercak-bercak yang tua dapat berlubang.

Apabila pada daun terdapat banyak bercak, daun cepat menguning dan gugur atau langsung gugur tanpa menguning terlebih dahulu. Bercak sering terdapat pada batang, tangkai daun, dan juga berjak dijumpai pada buah.

Penanganan dan Pengendalian

Beberapa pengendalian secara terpadu yang bisa dilakukan terhadapa tanaman cabai yang terserang penyakit bercak daun akibat cendawan Cescospora capsici, yaitu:

  1. Bagian yang terkena penyakit ini segera dimusnahkan dengan cara dibakar dan dibuang di tempat yang jauh dari lahan.
  2. Penggunaan bibit dan alat alat pertanian yang bebas dari infeksi patogen ini.
  3. Perlu dipilih lokasi yang terhindar dai aliran limpasan air hujan.
  4. Penggunaan mulsa dan pengaturan jarak tanam. Jarak tanam yang rapat akan menyebabkan perkembangan penyakit semakin cepat.
  5. Agen antagonis Triconerma sp dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan cendawan ini.

 

 --------------------------------------

Disusun oleh : Pramaadya

Direview oleh: Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Aripin K dkk. Teknik Pengelolaan Hama Terpadu Pada Tanaman Cabai di Dataran Rendah. Universitas Sumatra Utara

 
Prasetyo R. Inventarisasi Penyakit Tanaman Cabai di kecamatan gisting dan sumberejo kabupaten tanggamus propinsi lampung. Universitas Lampung