A-Z Penyakit Tanaman

Alternaria Solani Sorauer (Bercak Cokelat)

Cendawan Alternaria solani Sorauer memiliki miselium cendawan berwarna gelap. Konidiofor yang keluar dari jaringan tanaman sakit berwarna gelap dan relatif pendek. Konidium berbentuk seperti buah murbei, berwarna gelap, berukuran 200 x 17 ±m. Cendawan ini mempertahankan diri pada sisa-sisa tanaman sakit maupun pada biji. Pemencaran konidium utamanya melalui angin dan serangga.

Gejala

Gejala awal tanaman terinfeksi Alternaria solani Sorauer pada daun terdapat bercak-bercak kecil, berbentuk bulat dan bersudut, berwarna cokelat tua sampai hitam, berukuran ± 4 mm. Gejala pada jaringan yang mengalami nekrotik pada umumnya terlihat seperti kulit dan mempunyai lingkaran-lingkaran konsentris yang dikelilingi oleh halo sempit. Banyaknya bercak berpengaruh terhadap perkembangan tanaman. Daun tanaman akan menjadi cepat tua, layu, atau gugur sebelum waktunya. Gejala pada batang berupa bercak gelap dengan lingkaran-lingkaran sepusat. Infeksi penyakit yang terdapat pada fase persemaian akan menyebabkan busuk pangkal batang. Gejala pada buah tampak seperti kulit dengan massa hitam seperti beledu.

Penanganan dan Pengendalian

  1. Kompos plus (penambahan jamur antagonis Trichoderma harzianum, Papulaspora sp. dan Paecylomyces sp), kompos, dan  dapat meningkatkan ketahanan tanaman sehingga dapat menekan penyakit bercak coklat.
  2. aplikasi kompos plus dengan cara perendaman benih dalam air rendaman kompos plus,  aplikasi pada lubang tanam atau penyemprotan dengan air rendaman kompos baik secara tunggal maupun dengan cara gabungan dapat menekan penyakit bercak coklat.
  3. Untuk mencegah meluasnya penyakit, tanaman yang sakit dicabut dan dibakar





-----------------------------------------

Disusun oleh : Pramaadya

Direview oleh: Ruth Martha Wennie

Share

Referensi

Istifadah dkk. Kemampuan Kompos dan Kompos Plus untuk Meningkatkan Ketahanan Tanaman Tomat terhadap Penyakit Bercak Coklat (Alternaria solani Sor.). Jurnal agrikultura vol. 28 no.3


Widhayasa dkk. Pekecambahan jamur Altenaria soladi dan infeksinya pada sembilan varietas tomat. Jurnal HPT vol.2 no. 3

Opete.info