A-Z Penyakit Tanaman

Altenaria altrenata (Busuk Buah/Bercak Daun Altenaria)

Alterania dikenal sebagai cendawan yang banyak menginfesi komoditas pascapanen dan tanaman pada fase pertumbuhan. Cendawan ini dapat menginfeksi pada suhu dingin. Konidia (spora aseksual) berwarna coklat serta memiliki sekat melintang dan membujur. Cendawan ini menginfeksi jaringan inang secara langsung maupun melalui luka. Konidia dapat disebarkan melalui angin dan bercikan air hujan.

Cendawan ini bersifat parasit fakultatif (tidak semua kebutuhan berasal dari inang). Pengaruh iklim mikro seperti kelembaban yang tinggi dapat meningkatkan keparahan dari infeksi cendawan ini. Alterania alternata cepat berkembang pada kelembaban lebih dari 98% dengan suhu 25-30oC.

Gejala

Gejala serangan akibat cendawan Alterania altrenata pada stroberi menunjukan bercak daun yang berbentuk lingkaran berdiameter 2-5 mm, berwarna coklat gelap. Infeksi cendawan ini menyebabkan kerusakan pada jaringan daun, buah, tangkai, tangkai buah. Kerusakan pada jaringan buah menyebabkan menurunnya kualitas dan kuantitas buah yang akan dipanen karena buah tidak dapat dikonsumsi.

Penanganan dan Pengendalian

Penanganan dan pengendalian terhadap penyakit busuk buah atau bercak daun yang disebabkan oleh pathogen Altenaria altrenata, diantaranya yaitu:

  1. Penggunaan bibit yang tahan penyakit
  2. Penggunaan alat alat pertanian yang bebas dari patogen
  3. Sanitasi kebun dan sterilisasi alat pertanian perlu dilakukan
  4. Memangkas ranting yang terserang dan memusnahkannya dengan cara dibakar.
  5. Melakukan pemanenan sesegera mungkin setelah buah matang. Jika buah akan disimpan dianjurkan untuk melakukan pelilinan terlebih dahulu di pangkal buah agar bekas potongan tangkai buah tetap hijau dan terhindar dari serangan cendawan ini.

 

------------------------------------------

Disusun oleh: Pramadya

Direview oleh: Ruth Martha Winnie

Share

Referensi

Farida N. Cendawan Patogen pada bibit dan kejadian penyakit tanaman krisan di kota Batu Jawa Timur. Institut Pertanian Bogor

 

Ilmiyah Z dkk. Uji antagonisme jamur endofit tanaman stroberi terhadap Alternaria alternata jamur penyebab bercak daun (leaf spot) pada tanaman stroberi secara infitro. Lentera bio vol. 4 no. 1