Sukri, Petani Muda, Sejak 5 Tahun Lalu Menekuni Wirausaha Madu Trigona
INSAN

Sukri, Petani Muda, Sejak 5 Tahun Lalu Menekuni Wirausaha Madu Trigona

Admin
3 weeks ago
679 views

GENAGRARIS.ID -- Sukri pemuda kelahiran Bima, 1988, dengan madu tropis trigonanya sukses menembus 10 yang terpilih mengikuti pelatihan inovasi bisnis dan kewirausahaan, ajang Petani Muda 2018, 26-29, Desember 2018, DI BPPLP, Kemen Desa & PDTT, di Ciracas, Jakarta Timur.

Walaupun banyak dengan daerah kering, salah satu yang terkenal dari Lombok diantaranya madu Trigona. Madu dari lebah Trigon asp, masyarakat lebih mengenalnya dengan nama lebah klanceng. Lebah Trigona tidak menyengat dan mampu tidak hanya bergantung pada polen bunga seperti lebah madu lainnya.

Kelebihan lebah kecil yang dapat dibiakkan dimana saja ini tidak hanya menghasilkan madu, tetapi juga propolis yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Propolis yang dihasilkan oleh lebah Trigona mengandung antioksidan berupa flavonoid ditambah berbagai jenis vitamin, mineral, serta asam amino esensial.

Propolis dapat dimanfaatkan sebagai suplemen untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh, mempercepat proses penyembuhan penyakit serta sebagai bahan baku perawatan kecantikan dengan mempercepat regenerasi sel dan menunda proses penuaan pada kulit.

Sukri sendiri, mulai pembiakan lebah Trigona sejak lima tahun lalu. Ia menekuni usaha ternak lebah madu Trigona karena memang menjanjikan secara ekonomi. 

Pertama membiakkan, Sukri berburu koloni lebah Trigona di daerahnya, pekarangan dan hutan. Koloni tersebut ia pindahkan kedalam kotak yang sudah disiapkan sebelumnya, lengkap dengan pakannya, lalu kota tersebut ditaruh di “bedengan”.

Sekarang Sukri sudah mampu membiakan 300 kotak lebah Trigona, yang dikelola sendiri. Belum lagi, untuk memenuhi permintaan, Sukri mengajak masyarakat, tetangga sekitar untuk juga membiakan lebah Trigona.

Sukri sendiri tidak dapat memenuhi semu permintaan madu Trigona yang datang padanya. Menurutnya, produktiivitas madu lebah Trigona memang lebih kecil dari lebah madu lainnya. Untuk satu koloni, atau satu kotak, dapat dipanen minimal 3 bulan sekali. Satu kali panen satu kotak koloni lebah Trigona menghasilkan madu sekitar 300ml.

Sukri sudah membina sekitar 230 petani di daerahnya, di Binanga, Kabupaten Lombok Utara, untuk beternak lebah Trigona. Ia juga menggalakan penanaman bunga dan pohon berbunga di lahan-lahan kosong untuk menyediakan, menjaga dan menumbuhkan ekosistem yang ramah bagi populasi lebah.

madu trigona
Produk madu Trigona Sukri. Madut Tropis Lombk Utara

Saat ini Sukri mampu memenuhi permintaan dengan menampung madu hasil pembiakan dari warga, dengan penjulana madu Trigona sebanyak 200 botol (per botol 250ml) per bulan. Madu yang memiliki tiga rasa, manis, asam, dan asam-manis menurut Sukri memang cocok dibiakkan di daerah Lombok Utara.

Dengan antosias Sukri menceritakan, berbagi mengalamannya ketika ditemui ditengah acara Awarding Duta Petani Muda 2018, di Jakarta, (1/12/2018).

Selain permintaan yang datang secara rutin, Sukri juga menjual madu Trigonanya secara online di beberapa marketplace. Mengawali lima tahun lalu, dengan perjalanannya, menurut Sukri lebah madu Trigona bukan hanya menyehatkan, sari madu adalah kehidupan baginya. (Admin)

img feature: GenAgraris.ID
https://www.itb.ac.id/news/read/5440/home/lebah-tanpa-sengat-sumber-inspirasi-untuk-lahirkan-inovasi
http://bp2sdm.menlhk.go.id/emagazine/index.php/umum/66-budidaya-lebah-madu-trigona-sp.html
66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
13 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more