Startup Produk Kerajinan Handmade, Qlapa Tutup, Tunas Kelapa Tetap Tumbuh
RINTISAN

Startup Produk Kerajinan Handmade, Qlapa Tutup, Tunas Kelapa Tetap Tumbuh

Admin
9 hours ago
378 views

Hampir 4 tahun berjalan dengan misi memberdayakan pekerja local, tak disangka Qlapa marketplace produk kerajinan handmade menerbitkan epilog pada laman websitenya. Website Qlapa tidak lagi menampilkan produk, yang ada hanya ucapan salam perpisahan yang ditujukan kepada pelanggan, mitra dan masyarakat pada umumnya. 

Epilog Bisnis

Dengan itu Qlapa secara resmi menutup bisnisnya. Adapun, penutupan itu disebutkan karena tidak dapat membuat Qlapa menjadi bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan.

Marketplace yang mobile apps-nya sempat dianugerahi sebagai "Hidden Gem" oleh Google Play ini sempat menyalurkan puluhan miliar rupiah hasil penjualan kepada para perajin. Dengan pencapaian itu, sebenarnya Qlapa sempat dianugerahi sebagai salah satu startup dengan pertumbuhan paling menjanjikan oleh majalah Forbes Asia.

Menguntungkan dan berkelanjutan menjadi kata kunci dalam penutupan bisnis Qlapa. Menguntungkan terkait selisih antara pendapatan dikurangi biaya. Berkelanjutan terkait dengan prospek, yang dapat lihat dari kinerja penjualan yang menggambarkan penerimaan, besaran prilaku dan akses pasar, dan dapat dilihat dari indikator eksternal lainnya, seperti kompetisi, industri & teknologi.

Sebagai Sebuah Kesimpulan

Qlapa, Startup Tutup, Startup Produk Kerajinan
https://qlapa.com/

Epilog itu bagi Qlapa merupakan kesimpulan dari perjalanannya, sebagai sebuah startup marketplace produk handmade. Tentunya, kesimpulan tersebut tidak berlaku umum dan bersifat tetap. Peluang ecommerce produk handmade masih sangat terbuka.

Sebagai sebuah fase dalam siklus hidup perusahaan, startup memang sustainability-nya masih rentan, disamping mempunyai peluang untuk tumbuh dan berkembang yang sangat besar dan menjanjikan. Sebagai entitas bisnis, startup bisa saja tutup, tetapi visi yang mendasari startup itu akan tetap hidup dan berkembang yang tidak harus dalam bentuk dan entitas yang sama.

Qlapa adalah layanan dengan solusi memudahkan penjual dan pembeli produk kerajinan handmade bertemu dan bertransaksi melalui sistem digital atau online. Untuk mengetahui apa dibalik tidak menguntungkan pada bisnis Qlapa membutuhkan penelusuran lebih dalam.

Tunas Kelapa Tumbuh

Banyak faktor tentunya, ada faktor utama dan ada faktor turunan, atau imbas dari bisnis lainnya. Tetapi, penutupan sebuah bisnis sebagai kesimpulan akhir adalah rangkuman dari detail kesimpulan-kesimpulan lainnya yang merupakan modal berharga yang tidak mungkin didapat jika tidak dengan “learning by doing”. Sebagai buah wirausaha, startup Qlapa bisa saja tutup, tetapi tunas kelapa akan tetap tumbuh.

66 Shares
 
Update Lainnya
Teknik Budidaya Kacang Panjang Secara Tepat dan Efektif Untuk Meningkatkan Produktivitas
Teknik Budidaya Kacang Panjang Secara Tepat dan Efektif Untuk Meningkatkan Produktivitas
Kacang panjang merupakan salah satu tanaman perdu semusim yang mengandung protein (17,30 %), lemak (1,50%), karbohidrat (70%), vitamin A, B, C, dan mineral.
1 day ago
Potensi dan Tantangan Pengembangan Budidaya Persuteraan di Indonesia
Potensi dan Tantangan Pengembangan Budidaya Persuteraan di Indonesia
Ekspor komoditas dari ulat sutra dapat berupa kokon, benang dan barang jadi.
1 day ago
7 Teknologi yang Berpengaruh Terhadap Perkembangan Agribisnis Di Indonesia
7 Teknologi yang Berpengaruh Terhadap Perkembangan Agribisnis Di Indonesia
Nanoteknologi, 3D Printed Food, Indraja, Bioteknologi dan lainnya merupakan teknologi yang berpengaruh terhadap arah pola-pola pengembangan usaha agribisnis dan kompetensi usaha agribisnis.
5 days ago
Load more