Sehat dengan Ragam Sayuran Mentah dalam Sepiring Karedok
TRADISI

Sehat dengan Ragam Sayuran Mentah dalam Sepiring Karedok

Aruma Sistha
1 month ago
150 views

Bumi Pasundan nampaknya memang diciptakan ketika Tuhan sedang tersenyum, kesuburan tanahnya mampu menumbuhkan beragam sayuran yang dapat diolah untuk dinikmati menjadi berbagai jenis makanan.

Karedok dan Berbagai Jenisnya

Salah satu hidangan khas dari Sunda yang banyak dikonsumsi adalah campuran sayuran berbumbu kacang yang disebut dengan karedok. Berbeda dengan gado-gado dan lotek, karedok disajikan mentah sehingga terasa lebih renyah ketika digigit.

Karedok dapat dikategorikan sebagai makanan sehat karena komposisinya terbuat dari sayuran segar yang tidak dimasak terlebih dahulu, sehingga kandungan serat dan nutrisinya masih utuh. Masyarakat Sunda sendiri mengenal beberapa macam karedok yang biasa diolah, yaitu karedok sayur, karedok leunca dan karedok kacang panjang.

  • Karedok sayur mencampur kacang panjang muda, daun kol, tauge, terong bulat, bengkoang, ketimun, daun kemangi dan emping goreng.
  • Sedangkan karedok leunca hanya menggunakan leunca dan kemangi saja.
  • Begitu pula dengan karedok kacang panjang yang juga hanya menggunakan kacang panjang dan daun kemangi saja.

Untuk membuat bumbu kacangnya pun mudah, karena hanya memerlukan kacang goreng, cabai rawit, cabai merah, kunyit, terasi, garam, gula merah serta air matang secukupnya.

Kandungan Pada Karedok

Komposisi sayuran dalam karedok ini dapat menyumbang ragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kacang panjang merupakan sumber protein yang baik, juga mengandung vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium dan mangan. Sedangkan tauge kaya akan vitamin E dan C serta merupakan pangan rendah lemak yang dapat memperkecil resiko timbulnya penyakit kardiovaskular dan merendahkan tingkat LDL (Low density lipoprotein) dalam darah.

Tauge juga mengandung fitoestrogen yang dapat meningkatkan kepadatan dan mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis). Kemudian bahan utama dalam karedok leunca (ranti) mengandung senyawa glikosida alkaloid solanin, zat samak, minyak lemak, kalsium, zat besi, serta vitamin A dan C.

Manfaat Karedok

Buah leunca juga dapat dimanfaatkan sebagai tonic, diuretic, anti bakteri dan dipercaya dapat mengurangi resiko kanker. Beberapa campuran sayuran lain serta bumbu yang digunakan dalam karedok juga akan membuat salad khas Sunda ini menjadi semakin kaya nutrisi serta menjadikannya makanan yang wajib dikonsumsi oleh para penikmat gaya hidup sehat.

66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more