Samsul Widodo, Peran Enabler Pemerintah untuk Menggerakan Ekonomi Pertanian Di Daerah Tertinggal
INSAN

Samsul Widodo, Peran Enabler Pemerintah untuk Menggerakan Ekonomi Pertanian Di Daerah Tertinggal

Admin
1 month ago
499 views

Ide Dasar

Dari empat prioritas pembangunan desa, tiga diantaranya menyasar pembangunan ekonomi pertanian. Ini tentunya tidak terlepas dari fakta bahwa 82,7% penduduk desa, terutama desa tertinggal bergerak di sector pertanian. 

Fakta ini juga menyiratkan ironi dimana sebagai negeri agraris, justru pertanian identik dengan ketertinggalan. Pertanian sebagai mata pencaharian tidak menjanjikan secara ekonomi. Petani sebagai profesi tidak memiliki pride atau kebanggaan.

Seiring dengan perkembangan pesat inovasi teknologi dan penggunaanya, terutama teknologi digital, membangkitkan ekonomi pertanian desa dengan sentuhan digital merupakan terobosan baru yang selaras dengan kondisi kekinian.

Pembangunan desa tertinggal melalui penggerakan ekonomi pertanian desa dengan sentuhan teknologi digital mengandung tiga kata kunci mendasar, 1) desa, sebagai cikal-bakal peradaban, 2) pertanian, berkaitan dengan cara dan bagaimana manusia hidup, 3) teknologi digital, bukti jangkauan pemikiran manusia. 

Ide menggerakan ekonomi desa tertinggal dengan sentuhan teknologi, khususnya teknologi digital dapat dipastikan hasil dari buah pemikiran yang mendalam dengan wawasan yang luas. 

Critical Thinking

Namun, sebagai sebuah terobosan tentunya implementasinya tidak mudah. Disamping memungkinkan berdampak luas, efektif untuk membuka akses, baik akses ekonomi maupun akses informasi, memungkinkan menjadikan desa sebagai basis produksi yang terkait langsung dengan industri dan pasar, kendala dan dampak negatif atas teknologi digital juga perlu diwaspadai.

Desa sebagai masyarkat komunal dengan berbagai kearifan didalamnya, lahan pertanian di desa yang masih subur dan asri, merupakan relasi singkat desa dan pertanian sebagai satu kesatuan yang dikenal dengan masyarakat agraris.

Bukan hanya aset fisik yang tersimpan di desa, namun yang paling berharga dari desa adalah historical capital dan social capital-nya. Jadi, apa yang diupayakan dalam penggerakan ekonomi pertanian desa dengan sentuhan digital? Bagaimana me-leverage ekonomi pertanian di desa tertinggal denga tetap menjaga keseimbangan sosial?

Samsul Widodo, Peran Pemerintah Sebagai Enabler

samsul widodo peran pemerintah sebagai enabler
Samsul Widodo, Dirjen PDT. GenAgraris.ID

Untuk ini, GenAgraris.ID mendapatkan kesempatan berbagi pengalaman dengan Samsul Widodo, selaku Dirjen PDT, Kemen Desa, PDTT. Ia membagikan ilmu dan pengalamannya mengenai pembangunan desa tertinggal melalui penggerakan ekonomi pertanian desa dengan sentuhan digital.

Sementara hasil lengkapnya masih dalam proses perangkuman, disini diinfokan salah satu poin dasar menarik yang mencuat dalam kesempatan berbagi ilmu dan pengalaman tersebut.

Samsul Widodo mengungkapkan di era digita ini peran dan fungsi pemerintah ada tiga, sebagai regulator, sebagai fasilitator, sebagai enabler. Apa dan bagaimana pemerintah sebagai enabler? Ia menjelaskan dengan pengalamannya. 

Dalam upaya pembangunan desa di daerah tertinggal, untuk menggerakan ekonomi pertanian desa tertinggal, salah satu yang ia lakukan adalah dengan mendorong terbentuknya ekosistem bisnis yang melibatkan dan memungkinkan ekonomi pertanian desa bergerak. 

Dengan inovasi teknologi digital ini sangat mungkin. Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa ia telah mendorong beberapa startup untuk masuk menjadi off taker atau perantara langsung pemasaran online produk unggulan desa.

Tidak hanya itu, Samsul Widodo juga mendorong perusahaan logistik pemerintah untuk memprasaranai distribusi barang di daerah tertinggal dan perusahaan keuangan nasional atau pemerintah untuk mendukung transaksinya.

Pengertian Enabler

Dalam bisnis istilah enabler sendiri terbilang baru. Istilah enabler muncul bersama dengan pesatnya inovasi dan penggunaan teknologi digital. Enabler dapat diartikan pendukung, bukan pelaku utama tetapi berperan luas dan menentukan dalam sebuah kegiatan bisnis.

Dalam kontek sistem, enabler dapat diartikan sebagai sambungan yang merangkaikan sistem menjadi sistemik dan mekanis, baik secara teknis, prosedural maupun organisasional. Peran enabler dalam kontek sosial dan ekonomi mencuat karena inovasi digital memudahkan realisasi fungsi itu. 

Antisipasi Dampak Tidak Menguntungkan 

Selain memudahkan, peran teknologi digital dalam perekonomian juga dapat menimbulkan situasi yang tidak menguntungkan bagi perekonomian nasional. Salah satu dari dampak yang tidak menguntungkan pasar digital bagi ekonomi nasional adalah membanjirnya produk luar di pasar online. 

Samsul Widodo menjelaskan untuk menanggulangi itu tidak lain hanya dengan mendorong produk lokal untuk mauk ke pasar online. Ia berupaya mendorong produk unggulan desa untuk masuk ke pasar online.

Jika setiap desa di daerah tertinggal mempunyai lima sampai sepuluh produk unggulan dan masuk ke pasar online, tentunya itu akan berdampak sebaliknya, menguntungkan perekonomian lokal dan nasional, pungkasnya.

66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more