Salah Satunya Dari Grab, Dua Event Ini Buka Peluang Pendanaan Bagi Startup Pertanian
RINTISAN

Salah Satunya Dari Grab, Dua Event Ini Buka Peluang Pendanaan Bagi Startup Pertanian

Share Li
3 months ago
348 views

Jangan sia-siakan pendanaan. Bagi startup, walaupun bukan suatu keharusan, pendanaan dari luar sangat penting untuk keberlanjutan usaha yang masih bayi. Salah satu cara mendapatkan pendanaan bagi startup adalah dengan mengikuti event, ajang kompetisi bisnis atau event program pendanaan atau program akselerator.

Tidak ada ruginya mengikuti event itu. Kalaupun tidak masuk, setidaknya dapat menambah wawasan, pengalaman, dan teman. Dan, pembelajaran terpentingnya, kita dapat meraba seberapa luas dan rumit environment bisnis, serta mengukur keberadaan bisnis.

Peluang

Bagi startup pertanian, bulan ini (Mei 2019) ada dua event yang membuka peluang pendanaan. Kedua event ini, secara khusus membuka peluang pendanaan bagi startup pertanian.

1. Grab Ventures Velocity (GVV)

Grab Ventures Velocity (GVV) merupakan program dari Grab, stratup layanan on demand, yang baru saja diumumkan menjadi decacorn setelah mendapatkan pendanaan 1,46 miliar dolar dari SoftBank.

Grab Ventures Velocity, program akselerator Grab berfokus pada startup tahap pertumbuhan. Program ini bertujuan untuk mempercepat peningkatan perusahaan yang berpartisipasi melalui akses ke sumber daya, kemampuan, dan jaringan Grab dan mitra program.

Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 2, selain startup UMKM inovatif, dibuka juga peluang untuk startup yang melakukan pemberdayaan petani. Event regional Grab Ventures Velocity dibagi dalam dua jalur, yakni UMKM dan pemberdayaan petani. 

Dalam Event itu, dipilih tiga startup dari Asia Tenggara yang mendaftar lewat jalur pemberdayaan petani, dengan kriteria memotong rantai pasok makanan segar, seperti sayuran, daging dan buah, dari petani ke retailer atau konsumen langsung. (Sumber: Kata Data & Grab)

2. Agribusiness StartUp Competition Pemkab Bayuwangi

Pemkab Banyuwangi kembali menggelar Agribusisness StartUp Competition. Kompetisi bisnis rintisan pertanian ini digelar untuk melahirkan anak-anak muda yang terjun ke bisnis pertanian. 

Kompetisi ini sendiri melombakan dua kategori. Pertama, rintisan usaha pertanian yang telah berjalan maksimal 3 tahun. Kedua, proposal rencana bisnis (business plan). Bidang pertanian yang bisa diikuti pun luas, mulai pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan hingga beragam produk olahannya.

Kepala Dinas Pertanian Arief Setiawan menambahkan, rangkaian kompetisi agribisnis ini dimulai sejak Maret 2019. Sosialisasi digeber ke kampus, sekolah, dan komunitas anak muda. Dilanjutkan pembukaan pendaftara hingga 20 April 2019 melalui website Dinas Pertanian Banyuwangi. (Sumber: Pemkab Bayuwangi)

Ekosistem

Ketertarikan startup besar diuar sektor pertanian terhadap startup pertanian menunjukan peran strategis startup pertanian di ekosistem bisnis teknologi. Integrasi startup pertanian kedalam ekosistem bisnis yang lebih luas akan membentuk efisiensi dan efektivitas di usaha.

 

66 Shares
 
Update Lainnya
Mengenal Jamur dan Jamur Shitake Sebagai Bahan Pangan Fungsional
Mengenal Jamur dan Jamur Shitake Sebagai Bahan Pangan Fungsional
Sebagai bahan pangan fungsional jamur memiliki fungsi obat. Pada jamur shitake, kahsiatnya diantaranya menghambat pertumbuhan kanker, obat penyakit jantung dan kencung manis, antivitus dan lainnya.
3 days ago
Mengenal Konsep Farm To Table Sebagai Solusi Pangan Terintegrasi
Mengenal Konsep Farm To Table Sebagai Solusi Pangan Terintegrasi
Teknologi digital turut menjadi trigger atas perkembangan berbagai pengaplikasian farm to table dengan berbagai model, dan di berbagai ranah usaha penyediaan makanan.
1 week ago
Cangkul, Bajak & Perkembangannya Sampai Pada Era Pertanian 4.0
Cangkul, Bajak & Perkembangannya Sampai Pada Era Pertanian 4.0
Pengembangan bajak sebagai perangkat pengolahan tanah kedepan mungkin akan ada bajak listrik.
1 week ago
Load more