Penerapan Tiga Model Kepemimpinan Yang Ideal
MANAJEMEN

Penerapan Tiga Model Kepemimpinan Yang Ideal

Aruma Sistha
1 week ago
631 views

Seiring perkembangan usaha, tentunya seorang wirausaha juga dituntut untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinannya. Ia bertanggung jawab atas keberlangsungan bisnis serta karyawan. Meskipun sudah seringkali menghadapi konsumen dalam proses bisnis, tantangan dalam menghadapi karyawan akan menjadi sedikit berbeda.

3 Model Kepemimpinan

Menurut seorang guru besar IPB Margono Slamet, tugas pemimpin tidak hanya memberi perintah, tetapi juga mendorong dan memfasilitasi perbaikan mutu pekerjaan yang dilakukan oleh bawahan. Lalu gaya kepemimpinan seperti apa supaya segala sesuatunya berjalan seimbang dengan arah dan tujuan yang benar? Mari kenali 3 model kepemimpinan yang populer dalam teori kepemimpinan, berikut ini :

1. Kepemimpinan Otoriter

Pada kepemimpinan otoriter, kekuasaan adalah mutlak . Model kepemimpinan otoriter tidak mempertimbangkan saran, ide-ide dari bawahan. Ia hanya fokus pada tercapainya target perusahaan dan peningkatan produktivitas kerja karyawan. Ritme pekerjaan lebih kepada menekan, menuntut efektifitas kerja yang sangat tinggi. Tapi mungkin ini membuat sulit mempertahankan karyawan terbaik. Karena akan banyak yang terabaikan seperti perasaan karyawan sebagai manusia dan kesejahteraan karyawan.   

2. Kepemimpinan Partisipatif

Pada kepemimpinan partisipatif, model kepemimpinannya sangat persuasif, tak segan-segan untuk membina bawahan dengan memberinya tanggung jawab yang lebih besar. Ia seringkali memotivasi bahawan agar merasa memiliki perusahaan dengan memberi kesempatan kepada mereka untuk berpartisipasi dalam memberikan saran, ide dan pertimbangan dalam proses pengambilan keputusan. Kerjasama yang serasi antara pimpinan dan bawahan akan menumbuhkan loyalitas yang tinggi pada karyawan serta keberlangsungan usaha yang lebih lama. 

3. Kepemimpinan Delegatif

Pada model kepemimpinan delegatif, seorang pemimpin seringkali memberikan tanggung jawab pekerjaan yang cukup banyak kepada karyawan. Delegasi wewenang yang penuh membuat bawahan dapat dengan bebas dan leluasa melaksanakan pekerjaan, bahkan terkadang dapat mengambil keputusan dengan cepat tanpa menunggu approval, yang penting pekerjaannya selesai dengan baik.

Tanpa pengawasan dan campur tangan, apakah mungkin perusahaan dapat berjalan dengan baik? Karyawan tetap butuh bimbingan serta contoh untuk melakukan suatu pekerjaan dengan cepat dan benar. Membiarkan karyawan baru menemukan sendiri metodenya setelah begitu banyak trial dan error akan memperlambat sampai ke tujuan.

Didalam Diri Seorang Pemimpin

Penggolongan tiga model kepemimpinan tersebut sebenarnya merupakan pemilahan atas aspek-aspek yang paling dominan pada diri seorang pemimpinan. Pada hakikatnya, didalam diri setiap orang terdapat unsur tigal model kepemimpinan tersebut, dan mana yang paling dominan itulah yang digolongkan.

Mengacu pada tiga model kepemimpinan diatas, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menerapkan ketiga model tersebut sesuai denga situasi, kondisi dan keadaannya, atas dasar kasing sayang, dan kemaslahatan bersama. Ada saat situasi dan keadaan yang memaksa pemimpin harus bertindak otoriter, dimana ia harus persuasif, dan pada keadaan apa ia harus delegatif.

Artinya kepemimpinan itu dinamis, ketika ia sedang membangun perusahaan atau lainnya seorang pemimpin dituntut untuk bisa menyelaraskan dinamika-dinamika perubahan yang terjadi. Jadi tidak ada pemimpin yang statis sempurna. Pemimpin yang sempurna adalah ia yang terus belajar.

66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
13 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more