Pemanfaatan, Penggunaan Online Untuk Memajukan Usahatani
DIGITAL

Pemanfaatan, Penggunaan Online Untuk Memajukan Usahatani

1 month ago
226 views

Seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna dan kegunaannya yang melekat pada setiap aktivitas sehari-hari, sekarang setiap orang tidak dapat mengelak untuk tidak online, menggunakan teknologi digital, gadget, computer dan lainnya yang tersambung dengan internet.

Begitu juga dengan pelaku usahatani. Sampai ke pelosok desa, banyak pelaku usahatani yang sudah online, minimal mengunakan Facebook.

Cara Pelaku Usahatani Memanfaatkan Online 

Ada banyak yang dapat dilakukan dengan online, salah satunya berjualan. Itu juga berlaku bagi pelaku usahatani. Intinya, online atau penggunaan teknologi digital dapat meningkatkan pendapatan pelaku usahatani.

Bagi pelaku usahatani yang sebelumnya sama sekali tidak menengal atau mempunyai pengalaman dalam penggunaan perangkat dan teknologi digital, keputusan memanfaatkan teknologi digital untuk kegiatan usaha sebaiknya didasarkan pada ukuran kemampuan setiap pribadi masing-masing dalam mengenali, menyaring, dan mengendalikan apa yang bermanfaat dana apa yang tidak.

  • Adapun penggunaanya yang pertama, pelaku usahatani dapat memanfaatkan langsung teknologi digital untuk kegiatan usaha, berlangganan internet, men-download, dan menjual langsung hasil panennya memlalui online. 
  • Kedua, yang lebih bijak, pelaku usahatani bekerjasama dengan orang terdekat dan yang paling dipercaya, seperti anak, saudara, karyawan, mitra, atau merekrut profesional dalam pemanfaatan penggunaan perangkat digital, atau online untuk kegiatan usaha.

Dengan cara ke-2 pelaku usahatani tidak terjun bebas masuk ke gelanggang. Pelaku usahatani dapat melakukan pembelajaran dan mendapatkan pengalaman, serta pemahaman bagaimana penggunakan dan memanfaatkan online, dengan tetap fokus pada kegiatan usahatani offline-nya, menanam, mengolah dan sebagainya.

Manfaat Online Untuk Kegiatan Usahatani

Pemanfaatan online atau perangkat teknologi digital untuk kegiatan usahatani intinya menggunakan online untuk meningkatkan penjualan dan produktivitas, sehingga pendapatan meningkat. Adapun yang dapat dilakukan dengan dan dalam rangka pengingkatan pendapatan usahatani, diantaranya:

1. Menjadi supplier toko online bahan pangan

Mengajukan menjadi supplier toko online (online store) bahan makanan atau menjual hasil panen langsung ke online store. Pelaku usahatani dapat menghubungi langsung toko online bahan makanan yang terkenal dan terpercaya, menanyakan langsung peluang untuk menjadi supplier, dan bebagai syarat, serta caranya.

2. Menjual di marketplace

Pelaku usahatani menjual langsung hasil panennya secara online di marketplace atau pasar online yang besar dan terpercaya, seperti tokopedia, Bukalapak, Shoppee, dan lainnya. Sehubungan dengan karakteristik produk komoditas pertanian yang sifatnya bulky, dan mudah rusak, pelaku usahatani dapat memberikan informasi tambahan, area penjualan, minimal penjualan, cara pengiriman, dan kualitas atau grade-nya.

3. Mencari pembeli melalui business directory

Dengan online, pelaku usahatani dapat mencari pasar baru di situs-situs business directory. Pelaku usahatani dapat menelpon daftar konsumen potensial dan bertemu langsung. Untuk cara ini transaksinya tidak tercatat di sistem. Pelaku usahatani harus memastikan keamanan dan keterpercayaan sebelum bertransaksi.

4. Meningkatkan produktivitas dengan berbagai referensi

Dengan online pelaku usahatani juga dapat mencari pengetahuan baru untuk meningkatkan produktivitasnya, missal produktivitas tanaman. Dengan referensi baru dan pengalaman sebelumnya otomatis pelaku usahatani dapat mengembangkan cara-cara yang efektif dan efisien untuk aktivitas usahanya.

5. Informasi harga pupuk, obat, benih atau benih dan alat pertanian

Dengan online pelaku usahatani juga dapat minimal mencari referensi harga pupuk, obat, benih atau bibit, dan alat pertanian. Atau, jika sudah terbiasa dengan transaksi online, pelaku usahatani dapat mencari diskonan atau potongan harga untuk pembelian factor produksi.

Pemanfaatan Secara Kelompok

Untuk penjualan dalam jumlah besar dana tau rutin, jika tidak dapat memenuhinya sendiri, pelaku usahatani dapat bekerjasama dengan pelaku usahatani lainnya dengan membentuk kelompok.

Selain lebih ektif, pemanfaatan dan penggunaan online untuk usahatani secara kelompok juga lebih aman, karena setiap keputusan didiskusikan dan melalui kesepakatan bersama.

66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more