Menyelami Wirausaha dan Kewirausahaan Dalam Opera Sabun Kehidupan
INSAN

Menyelami Wirausaha dan Kewirausahaan Dalam Opera Sabun Kehidupan

4 days ago
227 views

Riuh redam dunia usaha seperti busa sabun, sebagai akibat dari gesekan-gesekan kompetisi yang muncul dari sebuah usaha. Ibaratkan sabun, pemilikan atau penguasaan sumber daya ekonomi terus dikikis atau digosok sebagai upaya untuk mendapatkan sumber daya ekonomi tersebut. 

Busa Sabun

Semakin digosok, semakin banyak busa, semakin pula tidak jelas atau kabur padangan tentang makna usaha. Busa-busa kompetisi menjadi ilusi, mengarah ke satu makna statis, kalah-menang.

Memang kata, usaha sendiri merujuk pada KBBI diantaranya mengacu pada usaha sebagai kegiatan ekonomi. Apalagi jika merujuk pada kata usaha yang sering disebut dengan istilah “bisnis”. Kalah menang dalam sebuah kompetisi bisnis dimaknai lebih sempit lagi, yaitu untung-rugi.

Sabun Cair

Sebagai manusia yang tidak hanya sebatas materi, manusia sendiri mendifinisikan usaha lebih dari itu. Melalui kata “wirausaha”, manusia mendefinisikan usahanya sebagai sebuah pergumulan upaya, perjuangan, atas suatu tujuan yang lebih tinggi yang berlandaskan pada kewirausahaan, yaitu jiwa yang sesuai dengan perangkat halus (psikis) dan kasarnya (fisik).

Kreatif, inovatif, pembaharu, locus of control, pembelajar, tidak cepat puas dan selalu berharap sesempurna mungkin. Jiwa yang ada pada setiap manusia itu, dengan kadar yang berbeda-beda, dan dengan perangkat psikis dan fisik serta lingkungan alam dan sosial menumbuhkan satu jiwa yang khas pada setiap manusia, dan itulah jiwa kewirausahaan.

Sebuah kekeliruan ketika hanya menganggap sabun hanya berbetuk batangan. Sehingga beramai-ramai berebut menggusuk sabun karena dianggapnya sabun itu akan habis. Bahwa ada sabun cair yang alami pada “diri”, dalam arti menyeluruh pada setiap manusia, itu malah dilupakan.

Tetapi, faktanya manusia tidak bisa mengelak dari kenyataan itu. Kalah-menang sebagai hasil kompetisi dalam sebuah bisnis merupakan perang dalam bentuk dan cara yang berbeda. 

Delusi atas sabun yang berbentuk padat-batangan memuai menjadi ilusi kompetisi, yang sesungguhnya merupakan pengasahan, penajaman, penyesuaian, dan penyelarasan kompetensi yang sesuai dengan apa yang ada didalam dirinya dan sesuai dengan apa yang ada dilingkungannya.

Gesek-Gosok

Gesek dan gosok sabun cair, sabun alami tidak hanya merupakan kompetisi kalah-menang dalam arti sempit. Tetapi lebih merupakan pengasahan diri terhadap berbagai fenomena kehidupan. Walaupun kompetisi akan selalu tetap ada, tetapi merupakan kompetisi yang berlandaskan kompetensi. Bukan sebaliknya kompetensi yang berlandaskan kompetisi.

Kooperasi sebagai lawan kompetisi merupakan sifat infklusif lawan dari eksklusif yang terkandung dalam makna kompetisi. Kooperasi bukan hanya sekedar kerja sama, tetapi juga kemampuan menampung, mengembangkan dan memberdayakan terhadap seluruh potensi yang ada.

Opera Sabun Kehidupan

Fungsi asli sabun bukan untuk bersolek, mengharumkan dan memperkasakan diri, tetapi untuk membersihkan diri. Dan tidak perlu juga saling gesek-gosok berebut sabun batangan, karena masing-masing membawa sabuh cairnya sendiri. Opera sabun kehidupan adalah ilusi dari sebuah delusi atas sabun yang biasa diwakili dengan istilah “buih-buih kehidupan”.  

img feature: google. edit
66 Shares
 
Update Lainnya
Gambaran Menjadi Pemasok Buah dan Sayuran Untuk Pasar Modern Market dan Horeka
Gambaran Menjadi Pemasok Buah dan Sayuran Untuk Pasar Modern Market dan Horeka
Menjadi pemasok buah dan sayuran untuk pasar modern market dan horeka akan lebih mudah jika usahatani sudah siap dengan pasar ini.
22 hours ago
Pertimbangan Rencana Penanaman Pada Usahatani Buah dan Sayuran Dengan Lahan Terbatas
Pertimbangan Rencana Penanaman Pada Usahatani Buah dan Sayuran Dengan Lahan Terbatas
Pasar, kondisi lahan, cuaca menjadi pertimbangan penanaman jenis tanaman yang akan ditanam pada usahatani buah dan sayuran.
2 days ago
Menelusuri Makna Bisnis Melalui Kemitraan Sebagai Asas Fundamental Bisnis
Menelusuri Makna Bisnis Melalui Kemitraan Sebagai Asas Fundamental Bisnis
Kemitraan merupakan asas fundamental bisnis. Jalinan kemitraan antar mitra dalam lingkup yang lebih luas menyatakan eksistensi bisnis tidak ada.
3 days ago
Load more