Mengenal Benih Unggul Kopi Robusta dari Pagar Alam
BUDIDAYA

Mengenal Benih Unggul Kopi Robusta dari Pagar Alam

1 month ago
190 views

Kopi robusta merupakan salah satu jenis kopi yang paling banyak diminati oleh para penikmat kopi. Kopi robusta berasal dari kata robust yang artinya kuat. Yup, karena aroma yang kuat akan tercium dari biji kopi robusta ini, apalagi ketika kopi tersebut sudah diseduh.

Kopi Robusta

Kopi robusta dipanen dari varietas tanaman kopi Canephora (Coffea canephora var. Robusta). Tanaman tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 1898 di Kongo, Afrika oleh ahli botani asal Belgia. Budidaya tanaman robusta di Indonesia mulai dikembangkan di awal abad ke-20 oleh pemerintahan kolonial Belanda.

 

Selain di Indonesia, tanaman kopi robusta juga memiliki daerah distribusi di Afrika Tengah, Afrika Timur, Brazil, dan India.

 

Untuk budidaya, tanaman kopi Robusta tumbuh di daerah dataran rendah yang berada pada ketinggian 400-800 mdpl.  Untuk tumbuh dengan optimal, tanaman kopi robusta perlu suhu sekitar 24-30 oC, curah hujan sekitar 2000-3000 mm/tahun., dan tingkat keasaman (pH) sekitar 5-6.5.

Kopi Robusta Pagar Alam

Di Indonesia, salah satu daerah yang cocok untuk benih kopi Robusta mudah tumbuh yaitu pada kondisi tanah dan iklim di Pagar Alam, Sumatera Selatan. Berdasarkan beberapa penelitian gabungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan dengan Balai Penelitian Tanaman Industri (Balitri) Kementrian Pertanian, Kopi Robusta asal Kota Pagar Alam ini memiliki citra rasa yang khas dan ditanam di bawah kaki Gunung Dempo dengan ketinggian 3.195 mdpl.

 

Hal tersebut telah teruji melalui penelitian selama 3 tahun, benih kopi Robusta asal Kota Pagar Alam ini berhasil mengantongi sertifikat benih unggul untuk empat varietas kopi Robusta, yakni Besemah 1, Besemah 2, Besemah 3, dan Besemah 4.

 

Proses menuju pelepasan empat varietas benih unggul kopi Robusta asal Pagar Alam, Sumatera Selatan, yaitu:

  • Identifikasi data dari petani lokal untuk menemukan fakta sejarah kopi Robusta lokal yang telah berkembang dan unggul
  • Survei areal pengembangan dan penyebaran tanaman kopi Robusta lokal
  • Pengamatan parameter tumbuh kopi Robusta lokal
  • Analisis molekuler terhadap berbagai varieas benih kopi Robusta, yang bertujuan untuk membuktikan hipotesa bahwa terdapat varietas benih lokal yang layak untuk dilepas dan menjadi sumber benih kopi Robusta.

Varietas Unggulan dengan Berbagai Kelebihan

Kelebihan dari ke empat varietas kopi Robusta termasuk dalam kategori spesialti yang disebut dengan istilah “Fine Robusta”. Empat varietas benih unggul tersebut memiliki produktivitas tinggi serta adaptif di dataran tinggi (di atas 700 m dpl) dan iklim basah, juga memiliki cita rasa yang tinggi dengan skore di atas 80. Umumnya, kopi Robusta yang termasuk “Fine Robusta” diperdagangkan dengan nama merek daerah asal penanaman atau nama pelabuhan tempat kopi diekspor. 

 

Pelepasan varietas benih unggul kopi Robusta asal Kota Pagar Alam menambah keragaman plasma nutfah botani Indonesia. Ini tentunya, memberikan manfaat keragaman budidaya bagi masyarakat. Harga kopi “Fine Robusta” yang telah diakui berharga premium dibandingkan dengan varietas kopi lainnya.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Saat ini, selain sebagai gaya hidup, kopi dikonsumsi dengan tujuan kesehatan. Berdasarkan berbagai penelitian, biji kopi Robusta mengandung senyawa kimia selain kafein, yakni asam klorogenat.

 

Senyawa kimia asam klorogenat diketahui memiliki efek farmakologi, seperti antivirus hepatitis B, antihipertensi, antidiabetes, sebagai antioksidan dan hepatoprotektor yang dapat dijadikan sebagai alternatif dan pengembangan obat baru.

img: Tanaman Kopi. Ilustrasi. GenAgraris.ID
  1. https://jurnalbumi.com/knol/kopi-robusta/
  2. http://balittri.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita/berita-lain/920-balittri-kembali-melepas-empat-varietas-unggul-kopi-robusta
  3. http://disbun.sumselprov.go.id/wp-content/uploads/2017/11/Perjalanan-Menuju-Pelepasan-Varietas-Kopi.pdf
  4. Naeli Farhaty , Muchtaridi. Tinjauan Kimia Dan Aspek Farmakologi Senyawa Asam Klorogenat Pada Biji Kopi : Review. Farmaka 14 (1):214-226
  5. Dani, Cici Tresniawati, dan Enny Randriani. 2013. Seleksi Genotipe Unggul Kopi Robusta Spesifik Lokasi. Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar, Kementrian Pertanian.
66 Shares
 
Update Lainnya
Gambaran Menjadi Pemasok Buah dan Sayuran Untuk Pasar Modern Market dan Horeka
Gambaran Menjadi Pemasok Buah dan Sayuran Untuk Pasar Modern Market dan Horeka
Menjadi pemasok buah dan sayuran untuk pasar modern market dan horeka akan lebih mudah jika usahatani sudah siap dengan pasar ini.
22 hours ago
Pertimbangan Rencana Penanaman Pada Usahatani Buah dan Sayuran Dengan Lahan Terbatas
Pertimbangan Rencana Penanaman Pada Usahatani Buah dan Sayuran Dengan Lahan Terbatas
Pasar, kondisi lahan, cuaca menjadi pertimbangan penanaman jenis tanaman yang akan ditanam pada usahatani buah dan sayuran.
2 days ago
Menelusuri Makna Bisnis Melalui Kemitraan Sebagai Asas Fundamental Bisnis
Menelusuri Makna Bisnis Melalui Kemitraan Sebagai Asas Fundamental Bisnis
Kemitraan merupakan asas fundamental bisnis. Jalinan kemitraan antar mitra dalam lingkup yang lebih luas menyatakan eksistensi bisnis tidak ada.
3 days ago
Load more