Menanti "Sentuhan" Jakpro Menjadikan Pasar Muara Karang Sebagai Pasar yang Berkarakter
KEWIRAUSAHAAN

Menanti "Sentuhan" Jakpro Menjadikan Pasar Muara Karang Sebagai Pasar yang Berkarakter

Admin
3 months ago
250 views

Pasar Muara Karang

Dibanding unit bisnis lainnya yang dimiliki Jakpro, Pasar Muara Karang sudah pasti kalah prestisius. Namun, pasar tradisional satu-satunya di Jakarta yang kepemilikan dan pengelolaanya diluar Pemda ini, menyumbang pendapatan tidak kalah besar dibanding unit bisnis selevel lainnya.

“Sejak setahun lalu, kami terus berbenah. Terdapat 471 kios, setelah dikelola langsung ada peningkatan penyewaan kios, sebanyak 34 kios menjadi terisi. Total kios yang disewa menjadi 309 kios”, ungkap Eko, Kepala Pasar Muara Karang, (12, April).

Pasar yang terletak di kawasan padat penduduk, dikelilingi apartemen, pusat perbelanjaan konvensional, ruko, rumah makan dan restoran ini terbilang cukup unik. Bangunan pasar Muara Karang yang terdiri dari empat lantai ini pedagang dan pembelinya multi etnis. 

Lantai 1 dan 2 pasar Muara Karang ditempati untuk penjualan produk basah, daging dan sayuran, lantai 3 untuk pakaian, sedangkan lantai 4 untuk sarana dan pergudangan.

Disela mendampingi corporate secretary Jakpro pada saat kunjungan, Eko menjelaskan pembenahan-pembenahan yang sedang berjalan di pasar Muara Karang, terutama infrastruktur dasar, seperti fasilitas parkir, toilet, Mushola, dan fasilitas umum lainnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa yang belanja di pasar Muara Karang kebanyakan malah bukan asisten rumah tangga, tetapi pemilik restoran atau nyonya pemilik rumah langsung. Adanya food court di sisi pasar dan area swa kelola dibelakang pasar menjadi semacam tempat silaturahmi sembari berbelanja kebutuhan harian.

Niat Sentuhan Jakpro Pada Pasar Muara Karang

Sementara itu, Corporate Secretary Jakpro, Hani Sumarno pada saat peninjauan itu mengungkapkan sekilas rencana strategis Jakpro dalam upaya mengoptimalisasi salah satu unit bisnisnya ini.

“Jakpro memiliki unit bisnis utilitas yaitu terkait pengelolaan sampah dan air bersih. Layanan unit bisnis itu dapat diimplementasikan di pasar Muara Karang, untuk mengelolaan sampah dan air bersih. Selain pembenahan infrastruktur dasar, juga dapat ditambah infrastruktur seperti wifi sebagai sarana bisnis digital atau ecommerce”, ungkap Hani, (12, April).

Lebih lanjut, Hani mengungkapkan perlu diformulasikan keunikan nilai bisnis dari pasar Muara Karang, baik dari sisi lokasi, budaya dan lainnya untuk pengembangan kedepan. Ia juga tidak menampik potensi pasar Muara Karang, selain sebagai pasar juga sebagai hub distribusi sekaligus sebagai tempat kuliner.

Tantangan Pasar Tradisional

 

food crout pasar muara karang
GenAgraris.ID

Saat ini gairah perdagangan di pasar tradisional Muara Karang memang masih sangat terasa. Tetapi, seperti pasar tradisional di Jakarta lainnya tantangannya adalah menarik dan mempertahankan pembeli untuk mau dan tetap datang ke pasar.

Banyak pasar tradisional di Jakarta yang berangsur menjadi sepi pengunjung. Pilihan tempat belanja kebutuhan dapur yang lebih nyaman dan mudah diakses menjadi penyebab utamanya. 

Daripada bermacet-macet dan berbecek-becek, tentunya masyarakat akan lebih memilih belanja di pasar modern, belanja di tukang sayur terdekat, atau lebih mudah lagi belanja online, untuk kebutuhan dapur dan harian.

Melihat kenyataan itu, butuh daya tarik lebih dari sekedar pasar agar supaya orang mau tetap datang ke pasar tradisional. Atau, melihat tren perubahan prilaku masyarakat dimana belanja online/ecommerce sudah menjadi kebiasaan, integrasi pasar tradisional dengan ecommerce berpotensi mengangkat kembali peran dan keberadaan pasar tradisional. (admin)

img feature: Pasar Muara Karang. GenAgraris.ID
66 Shares
 
Update Lainnya
Teknik Budidaya Kacang Panjang Secara Tepat dan Efektif Untuk Meningkatkan Produktivitas
Teknik Budidaya Kacang Panjang Secara Tepat dan Efektif Untuk Meningkatkan Produktivitas
Kacang panjang merupakan salah satu tanaman perdu semusim yang mengandung protein (17,30 %), lemak (1,50%), karbohidrat (70%), vitamin A, B, C, dan mineral.
1 day ago
Potensi dan Tantangan Pengembangan Budidaya Persuteraan di Indonesia
Potensi dan Tantangan Pengembangan Budidaya Persuteraan di Indonesia
Ekspor komoditas dari ulat sutra dapat berupa kokon, benang dan barang jadi.
1 day ago
7 Teknologi yang Berpengaruh Terhadap Perkembangan Agribisnis Di Indonesia
7 Teknologi yang Berpengaruh Terhadap Perkembangan Agribisnis Di Indonesia
Nanoteknologi, 3D Printed Food, Indraja, Bioteknologi dan lainnya merupakan teknologi yang berpengaruh terhadap arah pola-pola pengembangan usaha agribisnis dan kompetensi usaha agribisnis.
5 days ago
Load more