Memulai Sebuah Usaha, Darimanapun Starting Point-nya, Peluang Suksesnya Sama
INSAN

Memulai Sebuah Usaha, Darimanapun Starting Point-nya, Peluang Suksesnya Sama

4 weeks ago
297 views

Keraguan sudah pasti akan muncul ketika awal memuali usaha. Umumnya disebut wajar atau manusiawi, ketika setiap orang dihadapkan pada jalan ketidakpastian yang sangat jelas dan nyata, ia akan berhitung, menimbang berbagai kemungkinan sebelum memutuskannya.

Keraguan, Ketidakpastian

Walaupun sebenarnya tidak masuk akal, karena jika direnungi lebih dalam sebenarnya kemampuan akal manusia menjangkau ketidakpastian mungkin tidak lebih dari 1% atau bahkan kurang. Apa itu ketidakpastian? Masa depan. Mengapa wirausaha merupakan jalan ketidakpastian? Karena tidak ada jaminan BPJS, atau asuransi yang meng-cover penuh ketika sebuah usaha gagal.

Banyak kisah sukses pelaku usaha dalam menajalani usahannya. Lika-liku perjalanan wirausaha pada setiap pelaku usaha berbeda-beda. Ada yang diawali dengan kegagalan, ada yang dari modal “nekat”, ada yang gagal di akhir dan lainnya. Bertolak pada keberhasilan usaha dipandang dari pendapatan, atau secara finansial.

Pada Starting Point yang Berbeda

Setiap keputusan dalam wirausaha adalah keputusan penting. Namun, awal memulai usaha atau starting point sebuah usaha merupakan salah satu yang krusial. Pada awal usaha sebagai starting point, hal mendasar yang secara sadar tidak menjadi motivasi pelaku usaha ketika memulai usaha adalah darimanapun, dan pada level apapun starting point sebuah usaha tingkat keberhasilan dan kegagalannya sama.

Awal usaha dengan modal besar tingkat keberhasilan dan kegagalannya sama dengan usaha yang diawali dengan modal kecil. Awal usaha dengan produk hasil inovasi yang kuat tingkat keberhasilan dan kegagalannya sama dengan usaha warungan.

Pun potensi sejauh mana usaha itu berkembang. Darimanapun dan pada level apapun sebuah usaha diawali, mempunyai potensi berkembang yang sama, yaitu tidak ada yang menentukan batasannya.

Ini mungkin yang memunculkan selogan “just do it” sebagai bentuk penyederhanaan atas keputusan dan langkah awal atau starting point wirausaha yang merupakan milestone menuju jalan ketidakpastian, yang mengandung ketakterbatasan, kenihilan dan keniscayaan.

Dan, Ujung Wirausaha?

Dari pemahaman atas starting point diatas, dan keputusan wirausaha sebagai milestone yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha ketika mengawali sebuah usaha adalah hanya memperkuat keyakinan atas apa yang diusahakannya dan bersiap menjalani proses atau lika-liku setiap langkah usaha dengan:

  • Kepasrahan dan Ketabahan,
  • Ketekunan dan Keuletan,
  • Kegigihan dan Totalitas.

Lalu bagaimana dengan berhasil dan gagalnya sebuah usaha? Sejauh mana sebuah usaha sukses itu tergantung pada pelaku usaha ketika berhenti. Kapan sebuah usaha dikatakan gagal itu juga tergantung pada pelaku usaha ketika berhenti.

66 Shares
 
Update Lainnya
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Mendalami Pemahaman dan Merumuskan Ide Menjadi Solusi Bisnis
Solusi bisnis muncul berasal dari niat baik atau goodwill untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu problematika, permasalahan yang dialami orang banyak.
12 hours ago
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Akan Digelar Pada 16 -20 Oktober, Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan Kenaikan Nilai Transaksi 10-15%
Mengusung tema “Moving Forward to Serve The World”, Trade Expo Indonesia, TEI 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
1 day ago
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Sekilas Mengenal Sawit Indonesia dan Produk yang Berasal Dari Minyak Sawit
Indonesia merupakan produsen palm oil terbesar di dunia. Sebagai komoditas unggulan selain kotribusi ekonomi kegunaan minyak sawit diantaranya sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun dan lainnya...
2 days ago
Load more