Manfaat dan Kegiatan Passive Income Bagi Pengusaha Pemula
KEWIRAUSAHAAN

Manfaat dan Kegiatan Passive Income Bagi Pengusaha Pemula

Aruma Sistha
9 months ago
363 views

Kita pasti pernah mendengar frasa kata "passive income". Sebuah frasa yang menarik, apalagi umumnya penjelasannya berhubungan dengan penghasilan lebih dengan sedikit usaha, yang bisa didapat oleh setiap orang.

Passive Income

Tidak salah jika passive income dijelaskan sebagai pendapatan lebih dengan usaha sedikit. Secara definitif, passive income mengandung makna itu. Mengacu pada berbagai literasi, sederhanannya passive income merupakan pendapatan sampingan, yang berasal dari turunan atas kegiatan usaha atau kehalian utama.

Misal, seorang pengusaha mie ayam yang mempunyai lebih dari 100 gerai mie ayam. Kegiatan utamanya mengelola usaha mie ayam, dengan penghasilan atau pendapatan utama hasil dari usaha mie ayam itu.

Ia memeperoleh passive income ketika diundang untuk menjadi narasumber tentang untuk berbagi pengalaman tentang kiat-kiat menjalankan usaha, pada acara seminar atau pelatihan bisnis. Fee sebagai nara sumber pengusaha mie ayam tersebut dikategorikan sebagai passive income.

Manfaat dan Kegiatan Passive Income Bagi Pengusaha Pemula

Passive income berlaku untuk personal atau individu, untuk perusahaan istilahnya beda lagi. Bagi pengusaha pemula, passive income sangat penting. Selain dapat membantu keuangan pribadi yang belum stabil, pada kegiatannya juga dapat membantu mempromosikan usaha atau bisnisnya, serta memperdalam dan memperluas pengetahuan dan jejaring bisnis.

Sebagai pendapatan tambahan dengan usaha yang sedikit, kegiatan passive income dilakukan pada saat ada waktu senggang. Untuk mengisi waktu senggang, dengan menggunakan fasilitas internet, berikut kegiatan-kegiatan yang berpotensi mendatangkan passive income bagi pengusaha pemula.

1. Menulis

Pengusaha pemula dapat berbagi pengalaman dengan menulis pengalaman usahanya. Kegiatan menulis ini dapat dilakukan di blog, website pribadi, situs tempat menulis yang memberikan imbalan fee, atau dikumpulkan menjadi buku.

Tidak ada aturan yang boleh menulis pengalaman usaha adalah pengusaha "sukses" atau terkenal. Yang pasti diminati oleh pembaca artikel atau buku tentang kewirausahaan atau bisnis diantaranya pengalaman riil tentang kewirausahaan karena lebih mengandung soul.

2. Membuat Tutorial

Pengusaha pemula dapat berbagi tips dan trik tentang suatu hal sesuai keahlian atau keteramipannya, yang disajikan dalam bentuk video. Kegiatan berbagi tutorial ini dapat disebarkan di Youtube, sosial media.

3. Membantu Orang dengan Jasa Geratis 

Melalui media sosial, blog atau situs peribadi, atau aktif di situs sosial, pengusaha pemula juga dapat membuka layanan jasa untuk membantu orang lain.

Membantu memecahkan masalah "kecil" namun bermanfaat, sesuai keterampilan dan keahliannya, pada saat senggang dengan tidak mengharapkan imbalan akan berdampak langsung dan tidak langsung pada bisnis yang dijalankan pengusaha pemula.

Dilakukan dengan Tulus dan Ikhlas

Pada fase awal siklus perusahaan, usaha rintisan dengan pengusahanya, yaitu pengusaha pemula keduanya tidak dapat dipisahkan. Produk, brand dan perusahaan masih melekat pada secara personal dengan founder dan co-founder, sebagai pengusaha pemula pada sebuah usaha rintisan.

Jangan ragu dan cangan cemas, yang paling penting pada kegiatan yang berpotensi menghasilkan passive income harus dilakukan dengan tulus, dilakukan dengan senang hati, tidak tertekan pada tuntutan. Adapun, benefit-nya jangan mengharapkan keuntungan langsung. Keuntungan lain, baik yang bersifat manteri maupun imateri pasti menyertainnya.

img feature: Edit Google

 

Kimanzi Constable. 2018. Serious Entrepreneurs Have 2 Goals : Passive Income and Multiple Revenue Streams.
66 Shares
 
Update Lainnya
Apakah Tumbuhan Mempunyai Kecerdasan?
Apakah Tumbuhan Mempunyai Kecerdasan?
Berbagai kajian dan penelitian terbaru menunjukan tumbuhan mempunyai kesadaran, bahkan kecerdasan, walau berbeda dengan organisme lainnya, seperti kelompok binatang.
3 days ago
5 Teknologi Untuk Mengatasi Ketersediaan & Pemanfaatan Air yang Efektif & Efisien
5 Teknologi Untuk Mengatasi Ketersediaan & Pemanfaatan Air yang Efektif & Efisien
Sebagai sumber daya vital, keberadaan dan ketersediaan air, dalam pengelolaannya dikembangkan berbagai teknologi, seperti teknologi hujan buatan, fog harvesting, irigasi pintar, dan ASRG.
5 days ago
Masa Depan Pertanian Indonesia Dalam Acara Smart & Digital Farming Conference 2019
Masa Depan Pertanian Indonesia Dalam Acara Smart & Digital Farming Conference 2019
"Smart & Digitalization Farming Conference Indonesia 2019" erhasil menyajikan gambaran dan pemahaman yang jelas menyangkut penerapan teknologi pertanian berbasis digital.
2 weeks ago
Load more